TIM P2MD AKREL LAKSANAKAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN JAMUR TIRAM DI DESA DUKU ULU

AKREL(24/08/2022), Tim pelaksana Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) AKREL melaksanakan sosialisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat desa melalui budidaya jamur tiram sebagai usaha masyarakat Desa Duku Ulu di gedung serbaguna Desa Duku Ulu Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur AKREL Ir. Joko S.S. Hartono, M.TA., tenaga pendidik, mahasiswa di lingkungan AKREL dan Kepala Desa Duku Ulu beserta jajaran kelompok tani. Tujuan dari sosialisasi ini memberikan ilmu serta wawasan kepada masyarakat desa untuk mengetahui bagaimana cara budidaya dan pengolahan jamur tiram, sehingga nantinya dapat membantu perekonomian masyarakat dan terciptanya ekonomi kreatif.

Dalam sambutannya Kepala Desa Duku Ulu melalui Habib Burohman sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa AKREL, tentunya kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat desa serta mendapatkan ilmu baru dan menambah wawasan. “Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan adik-adik Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong di Desa Duku Ulu, dan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat”, ucapnya. Habib Burohman juga mengatakan kegiatan sosialisasi ini dapat menciptakan ekonomi kreatif di masyarakat desa karena ada pengolahan produk jamur tiram seperti sate jamur, nugget dan olehan jamur lainnya. “Ilmu yang diberikan oleh mahasiswa ini nantinya dapat diterapkan di masyarakat serta dapat menciptakan ekonomi kreatif dalam olahan jamur tiram”, tambahnya.

Ir. Joko S.S. Hartono, M.TA selaku Direktur AKREL dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak desa yang telah menyetujui kegiatan ini sehingga dapat terlaksana. “Kami selaku pimpinan Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan masyarakat yang telah memberi izin sehingga adik-adik mahasiswa dapat melakukan kegiatan di desa ini”, ucapnya. Direktur AKREL juga mengatakan kegiatan ini nantinya masyarakat dapat berkolaborasi dengan mahasiswa dan saling berbagi ilmu. “Kami harap nantinya masyarakat dapat membantu adik-adik mahasiswa ini dalam menjalankan kegiatannya serta berkolaborasi, agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik”, tambahnya.

Dikatakan Rozi selaku ketua pelaksana kegiatan P2MD 2022, kegiatan sosialisasi ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan. Dalam kegiatan ini juga memberikan wawasan kepada masyarakat dan kelompok tani tentang budidaya jamur tiram dan pengolahan nya dan melakukan demonstrasi agar dapat dipahami langsung oleh masyarakat. “Sosialisasi ini merupakan tahap awal dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan, dalam kegiatan ini kita tidak hanya memberikan materi tetapi langsung melakukan demonstrasi pembuatan baglog dan pengolahan jamur tiram”, tegasnya.

Rozi juga berharap kegiatan ini nantinya dapat terlaksana dengan baik, tentunya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan serta kerjasama antara mahasiswa dan masyarakat dan keberlanjutan dari program ini nanti dapat membantu perekonomian masyarakat desa. “Tentunya kita semua berharap kegiatan yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik, tentunya dengan dukungan masyarakat dan kerjasama yang baik antara mahasiswa dan masyarakat desa”, tambahnya.

Leave Comment

Your email address will not be published.