MAHASISWA AKREL RAIH GELAR DUTA GENRE MOTIVATOR 2022 KABUPATEN REJANG LEBONG

AKREL (29/08/2022), Mahasiswa AKREL selama kurang lebih 2 hari ( 27-28 Agustus 2022) mengikuti ajang pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BP3APPKB). Puncak Apresiasi Pemilihan Duta Genre ini digelar di Gedung Pertemuan Rumah Dinas Bupati Rejang Lebong. Sebanyak 25 peserta calon Duta Genre dari Sekolah Menangah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Perguruan Tinggi dan Instansi di Kabupaten Rejang Lebong.

Pada kesempatan ini AKREL mengirimkan 5 orang peserta kandidat untuk mengikuti ajang pemilihan Duta Genre 2022 diantaranya Marzuki Rasyid,Vani Dwi Ramadhani (Program Studi Tanaman Hortikultura), Tianzi Agustin (Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas), Lilis Suryani dan Zahratus Shinta (Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar). 

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rejang Lebong Hendra Wahyudiansyah dan dihadiri oleh Kepala Dinas (BP3PPKB), Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Rejang Lebong. Disampaikan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah dalam sambutannya, meminta kepada Duta Genre untuk menjadi teladan, pelopor, motivator serta promotor yang baik bagi anak-anak ataupun remaja. Membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas, agar mampu meraih bonus demografi serta Indonesia Emas tahun 2045 sehingga nanti menjadikan Indonesia Emas. Generasi muda yang penuh kesuksesan sesuai cita-cita yang telah dicanangkan pemerintah, menjadi negara terbesar ke-empat  di dunia.

Pemilihan duta Generasi Berencana (Genre) ini nantinya akan mensosialisasikan pengetahuan dan pemahaman remaja terhadap pengembangan karakter bangsa melalui edukasi tentang pentingya menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan menjauhi narkoba guna menciptakan remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan. Pada acara ini salah satu kandidat dari AKREL berhasil menyabet gelar Duta Genre Motivator 2022.

Ditempat terpisah Marzuki Rasyid mengatakan, “Salah satu alasan saya mengikuti pemilihan Duta Genre  2022, karena saya ingin menambah wawasan dan pengalaman serta pengembangan potensi diri keluar dari zona nyaman saya. Keberhasilan yang saya raih tak lepas dari dukungan orang tua, kampus AKREL, teman-teman dan dosen pendamping saya”, katanya.

Marzuki Rasyid sebagai Duta Motivator merupakan sebuah kesempatan sekaligus tanggung jawab baru. Program yang ingin ia jalankan utamanya adalah mencegah generasi muda kecanduan gadget. Dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para remaja akan terhindar dari kesepian, rendahnya kontrol diri dan sensation behavior yang menjadi penyebab kecanduan smartphone/gadget. “Untuk itu saya ingin mengedukasi dan memotivasi para remaja untuk pintar menggunakan dan memanfaatkan gedget serta mengetahui bahaya menikah muda dan penurunan angka stunting”, tambahnya. 

Terakhir marzuki berpesan kepada seluruh remaja di Indonesia terutama di Kabupaten Rejang Lebong untuk terus berperan aktif baik di organisasi maupun secara global. Remaja merupakan tonggak masa depan bangsa, penggerak dan pemimpin masa depan. “Jadilah remaja berintelektual guna mampu bersaing di masa global yang penuh tantangan,” pungkasnya.

Penulis : Asih Sriyanti

Leave Comment

Your email address will not be published.