GELAR SEMINAR PROPOSAL MAHASISWA/I PRODI BTH JALANKAN PUM

AKREL (29/10/2021), Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura melangsungkan kegiatan “Seminar Proposal Proyek Usaha Mandiri”. Proyek Usaha Mandiri (PUM) merupakan salah satu mata kuliah unggulan disetiap program studi untuk mengembangkan potensi mahasiswa/i dalam berwirausaha. Mahasiswa/i dituntut untuk melakukan sebuah usaha sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa/i yang didampingi langsung oleh dosen maupun teknisi akan membuat suatu perencanaan usaha yang akan dilakukan mahasiswa/i selama semester ganjil.

Khusus untuk Program Studi BTH, mahasiswa/i dibagi kedalam dua kelompok yang mengusahakan usaha pertanian. Usaha tani yang dilakukan oleh mahasiswa/i di Program Studi BTH yaitu “Usaha Budidaya Tanaman Bawang Daun dan Usaha Tani Wortel”. Berdasarkan seminar proposal yang dilakukan kemaren, mahasiswa/i telah langsung menganalisis hasil usaha yang akan diusahakan. Dalam pelaksanaan kegiatan seminar proposal tersebut, terlihat antusias mahasiswa/i untuk giat melakukan kegiatan usaha. 

Saat kegiatan seminar berlangsung, mahasiswa/i yang didampingi oleh dosen maupun teknisi untuk mempresentasikan secara langsung jenis usaha yang akan dilakukan selama menjalani PUM. Presentasi dilakukan secara berkelompok dimana dipandu langsung oleh teknisi yang berperan sebagai moderator. Masing-masing dosen pendamping juga akan memberikan komentar sebagai bentuk review dari kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa/i di Program Studi BTH. 

Hasil seminar proposal yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa/i di Program studi BTH yang sedang mengusulkan Proposal PUM tersebut sudah cukup paham bagaimana cara menganalisis usaha yang akan mereka lakukan sehingga akan memperoleh keuntungan. Selain itu, mahasiswa/i tersebut juga sudah cukup paham bagaimana teknik budidaya yang akan diterapkan terhadap jenis tanaman yang mereka usahakan. 

“kami akan berupaya agar mendapatkan hasil yang optimal sehingga tidak mengalami kerugian berdasarkan proposal yang kami ajukan saat ini” tutur salah satu mahasiswa yang bernama Mudiono. 

Selain yakin dalam menjalankan usaha yang akan diusahakan, mahasiswa harus memiliki kompetensi dalam bidang usaha tersebut. Sebelumnya mahasiswa telah dibekali mata kuliah kewirausahaan hortikultura agar lebih paham bagaimana cara menganalisis suatu jenis usaha sebelum langsung terjun langsung pada usaha yang akan dilakukan sehingga dapat meminimalisir kerugian yang akan dialami. 

Penulis : Kiky Nurfitri Sari

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *