MAHASISWA BARU MENGIKUTI PKKMB TAHUN 2023

AKREL (15/09/2023), AKREL sukses melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2023/2024 yang telah dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 13 dan 14 September 2023. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Direktur AKREL Ir. Joko S.S Hartono, M.T.A. di Aula Kampus AKREL Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang, yang dihadiri oleh 47 peserta mahasiswa baru yang terdiri dari 20 mahasiswa Program Studi yaitu Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (BTH), 14 mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (PTU), dan 13 mahasiswa Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar (BAT), serta 1 peserta didik Angkatan XI yang belum mengikuti PKKMB tahun 2022. Dalam sambutan Direktur sekaligus membuka kegiatan PKKMB tahun Akademik 2023/2024 mengatakan jika sistem kuliah vokasi itu lebih banyak praktikum di lapangan dibanding teori, karena setelah lulus yang diharapkan adalah skill atau kemampuan dari diri mahasiswa tersebut.

Rangkaian acara selanjutnya yang disampaikan yakni materi tentang Kampus Bebas Kekerasan Seksual, Perlindungan dan Intoleransi yang dibawakan oleh tim Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS). Cakupan dari tindakan kekerasan seksual meliputi ujaran yang mendiskriminasi atau melecehkan tampilan fisik, kondisi tubuh, dan/atau identitas gender korban. Penyampaian materi PPKS disampaikan oleh ketua Satgas PPKS AKREL yaitu Triayu Rahmadiah, S.Pi., M.Si beserta tim dihadapan mahasiswa baru dengan memperlihatkan beberapa video pendek sebagai ilustrasi tentang apa saja yang menjadi ruang lingkup tindakan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi. “jika teman kalian yang ada di lingkungan kampus terdapat kekerasan seksual seperti yang dijelaskan tadi, dapat langsung menghubungi nomor yang telah diberikan tadi. Tapi ingat kekerasan tersebut dilaksanakan yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di kampus, bukan kegiatan di luar kampus. Untuk yang diluar kegiatan kampus, ada salah satu Dinas di Kabupaten Rejang Lebong dan LSM tempat melaporkan kejadian tersebut” tegas Ayu diakhir materi.

Acara terakhir dari kegiatan hari pertama PKKMB Tahun 2023 yaitu Pengenalan Organisasi Mahasiswa, yang dihadiri oleh Pembina BEM dan MPM Novendra Andika Pratama, A.Md, Pembina HMP HIMARA yang diwakili oleh Prayoga G.G.Winarno, S.P., Pembina HMP HIMATUS Tri Putra Syawali, S.Pt, Pembina HMP HIMAKUA Muhammad Subhan Hamka, S.Pi., M.Si., masing-masing ketua dan anggota HMP. Acara tersebut memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ruang lingkup kampus AKREL sehingga mahasiswa mampu mengembangkan jiwa sosial, mengasah emosional, membentuk karakter kepemimpinan, mengembangkan intelektual hingga nilai-nilai religius. 

Kegiatan PKKMB pada hari ke dua diisi dengan kegiatan baris berbaris dan penanaman kedisplinan pada diri mahasiswa yang diambil alih langsung oleh KORAMIL 409-05/Curup, yang dipimpin langsung oleh Pelda Lamhuri dan tim. Kegiatan ini tak luput pula keterlibatan dari tim KSR PMI Mahasiswa yang dikoordinir oleh Muhammad Subhan Hamka, S.Pi., M.Si yang siaga mengawal mahasiswa apabila ada yang sakit ataupun pingsan selama latihan tersebut.

Agenda selanjutnya yaitu pemolisian masyarakat dan pencegahan penyalahgunaan narkotika yang langsung dibawakan oleh AKBP. Ahmad Sosianta, SE dari Polda Bengkulu.

Materi ke tiga diisi oleh Rumah Psikologi dengan tema Penanaman Karakter Mahasiswa Tangguh dimana kegiatan ini untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter yang yang bertujuan untuk berkembangnya potensi diri mahasiswa agar menjadi lebih mandiri, cakap, kreatif, percaya diri, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjadi warga yang demokratis dan bertanggung jawab dengan apa yang menjadi pilihan hidupnya.

Pengenalan program studi menjadi hal yang ditunggu karena disitulah seluruh dosen, instruktur dan tenaga kependidikan bahkan mahasiswa semester III mengenalkan keunggulan dari masing-masing prodi. Kegiatan terakhir dari susunan acara hari ke dua yaitu Deklarasi Kampus Bebas Kekerasan Seksual, Perlindungan dan Intoleransi dengan penandatangan Pakta Integritas oleh seluruh sivitas akademik AKREL dengan komitmen bersama untuk mendukung dan mewujudkan kampus bebas kekerasan seksual, perundungan dan intoleransi yang diarahkan oleh Ketua Tim Satgas PPKS AKREL, Triayu Rahmadiah, S.Pi., M.Si.

Pada akhir acara PKKMB Tahun Ajaran 2023/2024, ditutup dengan kegiatan apel yang dipimpin langsung oleh Direktur AKREL, Ir. Joko S.S. Hartono, M.T.A. dengan simbolis pemasangan baju almamater kepada perwakilan mahasiswa-mahasiswi baru, dan ditutup dengan pengumuman tiga mahasiswa terbaik yang mendapatkan IPK tertinggi semester genap dari masing-masing program studi.

Penulis : Indriati Meilina Sari

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *