TES URINE DI BNN KOTA BENGKULU, AKREL WUJUDKAN AKSI PENCEGAHAN MELALUI DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN PREKURSOR NARKOTIKA TAHUN 2023

AKREL (10/09/2023), Guna memenuhi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) melaksanakan tes urine di Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bengkulu pada Kamis-Jumát, 31 Agustus – 01 September 2023. Tes urine dilakukan oleh 15 orang pegawai atau karyawan AKREL yang terdiri dari Wakil Direktur, Kasubag Tata Usaha, Koordinator Program Studi, Bendahara, Pengelola Sistem Informasi, Pengelola Kepegawaian, Instruktur, Staf Administrasi, Satuan Pengamanan dan Petugas Kebersihan.

Kegiatan ini disambut langsung oleh Kepala BNN Kota Bengkulu, Drs. Heru Suprihasto, S.H. dan para staf pemeriksa. Heru menyampaikan ucapan terimakasih karena AKREL mempercayakan pemeriksaan tes ini kepada BNN Kota Bengkulu. Dalam tes urine ini terdapat 7 parameter pemeriksaan yaitu Amphetamine (AMP), Methamphetamine (MET), Morphine (MOR), Ganja (THC), Cocaine (COC), Benzodiazepin (BZO) dan Soma. Pengambilan sampel urine dilakukan secara bergiliran, diawali dengan pemeriksaan data pegawai AKREL. Kemudian satu persatu pegawai mengambil botol sampel yang telah disediakan oleh petugas pemeriksa untuk menampung urine.

Sebelum meninggalkan BNN Kota Bengkulu, Wakil Direktur AKREL Nining Suningsih, S.Pt., M.Si. juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BNN Kota Bengkulu telah bersedia memfasilitasi AKREL dalam pelaksanaan tes urine, “Saya berssama rekan-rekan dari AKREL mengucapkan terimakasih, kepada Kepala BNN dan Tim Pemeriksa Urin, telah disambut dan difasilitasi sehingga kami merasa nyaman melaksaanakan tes urin disini” ungkap Nining. Hasil pemeriksaan dari 15 orang pegawai yang mengikuti tes urine dinyatakan tidak terindikasi (negatif) menggunakan narkotika.

Penulis : Septya Eka Prasetia Rani

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *