SERENTAK MAHASISWA AKREL MELAKSANAKAN UAS SEMESTER GANJIL TA 2022/2023

AKREL (21/01/2023), AKREL menetapkan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) pada hari Senin-Jum’at tanggal 16 hingga 20 Januari 2023. Pelaksanaan UAS ini berjalan dengan baik dan lancar meskipun harus mundur satu minggu dari kalender akademik AKREL Tahun Ajaran 2022/2023. UAS serentak dilaksanakan oleh semua program studi yang ada di lingkungan AKREL yaitu Prodi Budidaya Tanaman Hortikultura (BTH), Prodi Teknologi Produksi Ternak Unggas (TPTU) dan Prodi Budidaya Perikanan Air Tawar (BPAT) dengan jadwal pelaksanaan UAS yang telah ditentukan pada masing-masing program studi. Pelaksanaan UAS Prodi BTH dan Prodi TPTU bertempat di Ruang Kelas Kampus AKREL Simpang Nangka, sedangkan Prodi BPAT di Ruang Kelas Kampus AKREL Dwi Tunggal.

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, beberapa mahasiswa mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam menghadapi UAS salah satunya yaitu Monika Indriyani. Kiat-kiat yang dilakukan mahasiswa Prodi BPAT semester tiga ini adalah banyak membaca materi dan tugas yang telah dipelajari sebelumnya, sering latihan soal dan juga tidak lupa berdoa sebelum belajar. “Saya bangga telah mengikuti UAS ini karena itu berarti Saya sudah menjadi mahasiswa yang aktif dalam pembelajaran selama semester ini”, ungkapnya.

Begitu juga dengan Melia Tri Adisti, mahasiswa semester satu Prodi TPTU ini mengungkapkan bahwa dalam menghadapi UAS perdananya perlu beberapa persiapan seperti fokus belajar selama satu minggu di masa minggu tenang, mempersiapkan alat tulis dan seragam dengan baik, datang lebih awal, berdoa dan juga meminta doa restu dari kedua orang tuanya. “Saya agak gugup dan khawatir kalau hasil UAS tidak maksimal tapi juga sebenarnya antusias. Tadi sudah minta didoakan orang tua agar kegiatan UAS ini berjalan dengan lancar dan dapat mengisi soal yang diberikan juga dapat nilai yang bagus,” Ujarnya saat ditemui setelah keluar dari ruang ujian. Melia juga manambahkan bahwa soal-soal yang dikerjakan tidak begitu sulit karena relevan dengan materi yang disampaikan oleh tim pengajar.

Berbeda dengan Melia, Marzuki Rasyid mahasiswa semester tiga Prodi BTH mengatakan bahwa Ia merasa sangat senang menghadapi UAS dan soal-soal yang dikerjakan sesuai dengan ekspektasinya. “Kalau saya belajar dengan SKS, sistem kebut semalam”, ujarnya sambil tersipu malu. “Karena Saya itu orangnya mudah lupa, jadi Saya merasa lebih baik belajar sehari atau malam sebelum pelaksanaan UAS”, tambahnya. 

Sebelum pelaksanaan UAS, ada beberapa hal yang disiapkan oleh kampus AKREL seperti memberikan kartu peserta ujian untuk mahasiswa yang berisi jadwal ujian dan harus diparaf oleh dosen pengawas berdasarkan mata kuliah yang diajarkan. Selain itu ada juga kartu peserta ujian yang ditempelkan pada kursi di dalam ruang ujian, kartu peserta ujian tersebut ditempel sesuai dengan urutan absensi mahasiswa sehingga mahasiswa duduk berdasarkan urutan yang telah ditentukan.

UAS merupakan kegiatan akademis yang dilakukan di setiap perguruan tinggi dalam menyelesaikan studinya sebagai bentuk evaluasi akhir mata kuliah untuk menentukan kelulusan mahasiswa dan dilaksanakan di akhir semester setelah semua proses kegiatan belajar mengajar terselesaikan. UAS bertujuan untuk mengukur dan menilai kompetensi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat melanjutkan pembelajaran ke semester selanjutnya.

Penulis : Septya Eka Prasetia Rani

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *