PRAKTIKUM ASYIK : BELAJAR TEKNIK PEMBENIHAN IKAN SEBAGAI BEKAL WIRAUSAHAWAN PEMBENIHAN

AKREL (07/07/2022), Program studi budidaya perikanan air tawar adalah salah satu program studi yang ada di Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong. Ada beberapa mata kuliah yang ada di program studi budidaya perikanan air tawar tersebut, diantaranya adalah mata kuliah dasar-dasar pembenihan ikan, mata kuliah ini mengampu beberapa materi yaitu mengetahui sexsual ikan, hormon ikan, gonad ikan, pemijahan ikan secara alami, pemijahan ikan secara semi buatan, juga pemijahan ikan secara buatan, perawatan larva, sex reversal, grading dan juga pemanenan benih.

Dalam praktikum ini, mahasiswa melakukan persiapan media pemijahan terlebih dahulu, yaitu dengan cara membersihkan kolam pemijahan ikan, menyiapkan kolam penetasan, menyeleksi induk, menimbang induk, kemudian memasukan indukan ke dalam kolam pemijahan.

Selain melakukan pemijahan secara alami mahasiswa juga belajar tentang pemijahan secara semi buatan, dalam pemijahan secara semi buatan mahasiswa belajar bagaimana cara perhitungan dosis penggunaan hormon yang akan digunakan dalam penyuntikan ikan. Penyuntikan hormon ini dilakukan untuk mepercepat dalam pematangan gonad ikan dan merangsang ikan agar cepat memijah.

Setelah melakukan kegiatan pemijahan ikan, mahasiswa juga belajar bagaimana cara penetasan dan perawatan larva ikan sampai menjadi benih siap jual. Kegiatan pemeliharaan larva ikan dilakukan dengan cara bergantian atau dengan membuat jadwal piket pemeliharaan larva ikan. Pemeliharaan larva yang dilakuan diantaranya pemberian pakan, pengecekan kesehatan larva dan pengelolaan kualitas air.

Setelah kegiatan pemeliharaan larva mahasiswa juga belajar bagaimana cara grading ataupun sortasi ikan, panen larva atau benih ikan. Pemanenan benih ikan harus dilakukan dengan cara hati-hati dan juga harus dengan teknik yang benar, jika dilakukan dengan asal-asalan benih dapat mengalami stres dan bahkan dapat mengalami kematian.

Setiap setelah kegiatan pratikum berlangsung, mahasiswa diwajibkan untuk membuat laporan hasil kegiatan pratikum yang dilakukan, agar mahasiswa lebih dapat memahami tentang kegiatan yang dilakukan, baik secara tertulis maupun secara praktikum. 

Salah Andri Alzairi satu mahasiswa program studi budidaya perikanan air tawar  mengemukanakan “kegiatan pratikum ini sangatlah penting untuk mengasah dan melatih keterampilan mahasiswa dalam bidang budidaya perikanan khususnya dibidang pembenihan ikan”. Dilanjutkan pendapat salah satu Tim pengajar mata kuliah dasar-dasar pembenihan ikan air tawar mengemukakan bahwa kegiatan pratikum ini adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh setiap mahasiswa program studi budidaya perikanan air tawar untuk menambah keterampilan tentang pembenihan ikan khususnya. 

Penulis : Sadisman Hadi

Leave Comment

Your email address will not be published.