BERTEPATAN HARI SUMPAH PEMUDA, 26 LULUSAN AKREL ANGKATAN VIII DI WISUDA

AKREL (28/10/2021), Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) yang bertepatan pada hari sumpah pemuda menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Lulusan Ahli Muda Angkatan VIII Tahun 2021. Acara ini dilaksanakan secara khitmat di ruang rapat kampus AKREL Simpang Nangka dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat serta memastikan seluruh panitia dan pihak yang bersangkutan telah divaksinasi. 

Adapun dalam acara wisuda, AKREL melakukan pembatasan jumlah peserta yang dapat hadir didalam ruangan membuat orang tua/wali wisudawan/ti tidak diperbolehkan hadir dilokasi wisuda. Untuk mengantisipasi hal tersebut,  AKREL mengadakan live streaming untuk orang tua/wali dari wisudawan/ti agar dapat menyaksikan dan mengikuti prosesi pengukuhan wisudawan/ti. 

Acara Sidang Senat Terbuka ini dimulai dengan prosesi senat memasuki ruangan kemudian dibuka oleh Ketua Senat Andika Prawanto dan dilanjutkan dengan laporan kelulusan oleh Wakil Direktur, Risa Wentasari. Pada kesempatan tersebut, Risa Wentasari mengatakan “ kelulusan pada periode ini merupakan yang kedelapan sejak dibukanya Program Studi Diluar Domisili di Kabupaten Rejang Lebong dan merupakan wisuda keempat yang mandiri dilaksanakan AKREL”. 

“Kelulusan mahasiswa Tahun Akademik 2020/2021 ditetapkan dengan Surat Keputusan  Direktur AKREL Nomor : 079/AK4/KM/2021 tanggal 28 Oktober 2021 tentang Yudisium Kelulusan Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong yang jumlah seluruhnya 26 orang yang terdiri atas 3 orang dari Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (BTH), 9 orang dari Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (PTU), dan 14 orang dari Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar (BAT)”  papar Risa.

Lulusan Terbaik

AKREL merupakan salah satu perguruan tinggi negeri vokasi yang menghasilkan lulusan berprestasi. Hal tersebut dibuktikan dari 26 wisudawan ahli muda, sebanyak 20 orang menjadi lulusan dengan predikat Dengan Pujian dari berbagai program studi.

Adapun lulusan terbaik I tahun 2021 diraih oleh Widia Sari, wisudawati dari Prodi BPAT dengan perolehan Indeks Prestasi Cumulatif (IPK) 4.00. lulusan terbaik II tahun 2021 diraih oleh Vini Alfi Nesti, wisudawati dari Prodi BTH dengan perolehan IPK 4.00, dan lulusan terbaik III tahun 2021 diraih oleh Lily Sepriyanti, wisudawati  dari Prodi BPAT dengan perolehan IPK 4.00. Lulusan yang diwisuda terdapat 7 orang yang telah bekerja atau sebanyak 26,92% yang terdiri dari 3 orang (11,54%) berasal dari Prodi TPTU dan 4 Orang (15,38%) berasal dari Prodi BPAT denga jenis pekerjaan bebrupa wirausahawan perikanan dan peternakan serta beberapa pekerjaan yang lain. Dan lulusan yang diwisuda yang lanjut studi ke Perguruan Tinggi terdapat 2 orang atau sebanyak 7,69% yang terdiri dari 1 orang (3,85%) berasal dari Prodi BTH dan 1 orang (3,85%) berasal dari Prodi TPTU.

Pesan dan Kesan Wisudawan

Pada kesempatan ini, Lily Septiyanti selaku perwakilan wisudawan/ti menyampaikan pesan dan kesan  wisuda angkatan ke-8. Lily mengatakan terima kasih yang setulusnya kepada seluruh pihak yang telah membantu kami melewati lika liku kehidupan di kampus sebagai mahasiswa, kepada Direktur AKREL beserta Wakil Direktur, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Koordinator Program Studi, Dosen, Instruktur, Teknisi dan seluruh sivitas akademika AKREL yang telah memberikan ilmu pengetahuan, berbagai pembelajaran, pelayanan dan pengalaman yang telah kami dapat selama menjadi mahasiswa.

“Permohonan maaf dan sesal kami sampaikan apabila selama kami menimba ilmu sebagai mahasiswa AKREL terdapat kekhilafan, kesalahan serta kekurangan, sehingga membuat hati Bapak/Ibu yang kurang berkenan serta memohon doa restu, agar perjalanan kami semua diberikan kemudahan dalam melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, dipermudahkan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dan segala maksud tujuan kami diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Tuhan Yang Maha Esa” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur AKREL, Abdul Azis mengungkapkan apresiasinya kepada kepada para wisudawan AKREL. “Selamat atas kesuksesan saudara dan berdoa semoga lulusan tahun ini merupakan pemuda pemudi yang memiliki semangat dan daya juang dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengimbangi perkembangan kemajuan yang ada di dunia usaha dan dunia industri karena pada hari pengukuhan ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Oleh karena itu kalian pemuda pemudi bangsa tetaplah menanamkan dan menjunjung tinggi rasa nasionalisme di dalam diri untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan kita serta semoga ilmu dan keterampilan yang telah saudara terima dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Terus Jagalah selalu nama baik almamater dan bangunlah komunikasi yang baik dengan almamater” pungkas Direktur AKREL.

Ia juga menyatakan, prosesi wisuda yang dilaksanakan hari ini adalah salah satu kegiatan akademik yang menandai selesainya pendidikan seorang mahasiswa di suatu lembaga pendidikan dan awal untuk memasuki dunia kerja yang penuh persaingan ketika wisudawan berada di dunia kerja, itulah sebenarnya tantangan yang harus dihadapi. Di tengah tantangan dan persaingan yang cukup ketat, kami berharap wisudawan agar terus membangun optimisme, kepercayaan diri yang tinggi untuk membuktikan bahwa alumni AKREL berkiprah di dunia industri dan dunia kerja.

“Sebagai lembaga pendidikan vokasional, keberadaan AKREL tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, kami mengajak kita semua untuk terus meningkatkan kerjasama dengan dunia industri baik dalam hal pengembangan kurikulum, sarana prasarana maupun penyaluran alumni. Kepada semua Mitra, Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, Asosiasi Profesi dan Media Massa, kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pendidikan di AKREL. Kami berharap kemitraan ini dapat terus dilanjutkan. Marilah kita meningkatkan kontribusi dan kerja cerdas demi memajukan AKREL kita cintai ini” tutur Azis.

Penulis : Yulian Sharah

Leave Comment

Your email address will not be published.