UJIAN TUGAS AKHIR MAHASISWA PRODI BUDIDAYA TANAMAN HORTIKULTURA

AKREL (23/07/2022) Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (Prodi BTH) melaksanakan Ujian tugas akhir mahasiswa yang berlangsung selama empat hari yaitu pada hari Selasa hingga Jumat, tanggal 19-22 Juli 2022 yang diikuti oleh 8 orang mahasiswa di ruang kelas hortikultura. Beberapa mahasiswa melakukan ujian tugas akhir secara luring dan daring yang dilaksanakan secara bersamaaan. Ujian tugas akhir dilakukan secara daring menggunakan zoom meeting dikarenakan salah satu penguji yaitu Ir. Abdul Azis, M.P., mengikuti ujian tersebut dari luar daerah, namun hal ini tidak mengganggu jalannya pelaksanaan ujian. Koordinator Prodi BTH Kiky Nurfitri Sari, S.P., M.Si., menyampaikan bahwa Ujian Akhir ini terlaksana tepat waktu sesuai jadwal yang sudah direncanakan. “Alhamdulillah, kegiatan TA (tugas akhir-red) bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh prodi dengan sangat baik. sehingga tidak melebihi dari waktu yang disepakati. Hal ini juga tidak terlepas dari kerjasama para pembimbing yang intens dalam mendampingi mahasiswa serta sifat komunikatif yang diberikan panitia TA dalam menginformasikan dan mengingatkan mahasiswa terhadap deadline penyelesaian TA meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi namun semuanya bisa diatasi dengan baik.’’ Ujar Koordinator Prodi BTH. Salah satu pembimbing tugas akhir Andika Prawanto, S.Si., M.Si. juga menyampaikan hal yang sama “Pelaksanaan TA saya sangat mengapresiasi karena pelaksanaannya sesuai jadwal dan mahasiswa melaksanakan TA nya tepat waktu.”

Sehari sebelum pelaksanaan ujian, mahasiswa dikumpulkan terlebih dahulu oleh panitia pelaksana ujian tugas akhir untuk diberikan arahan dan aturan selama ujian. Untuk bisa melaksanakan ujian tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk mengumpulkan surat rekomendasi ujian dari masing-masing pembimbing, mengumpulkan kartu kendali bimbingan dan juga laporan tugas akhir yang sudah mendapatkan tanda tangan persetujuan ujian dari pembimbing satu dan pembimbing dua. Selain itu selama pelaksanaan ujian, mahasiswa harus menggunakan pakaian yang sudah ditentukan yaitu kemaja putih, bawahan hitam, menggunakan dasi hitam, bersepatu formal warna hitam dan almamater AKREL.

Ujian tugas akhir dihadiri oleh satu dosen pembimbing dan dua orang penguji yang berlangsung selama dua jam untuk masing-masing mahasiswa. Tahapan ujian tugas akhir dimulai dari presentasi mahasiswa, tanya jawab dengan dua orang dosen penguji dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan oleh dosen penguji. Tujuan pelaksanaan ujian tugas akhir mahasiswa Budidaya Tanaman Hortikultura adalah untuk mendapatkan gelar Ahli Muda Pertanian (A.M.P.). “Dalam menguji TA bukan hanya diuji masalah topik tugas akhir yang mereka tulis, tetapi juga melihat kemampuan mata kuliah keahlian yang sudah mereka dapatkan selama dua tahun terakhir dan kemampuan berkomunikasi. Pada umumnya mahasiswa yang saya uji memiliki kemampuan yang baik, hanya sebagian masih grogi dan kurang bisa menjawab pertanyaan dengan baik.” Ujar Risa Wentasari, S.P., M.Si, salah satu penguji tugas akhir mahasiswa Prodi BTH.

Fepi Agustia mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan ujian akhir dengan topik Teknik Pengendalian Serangan Virus Gemini Pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum Annum L.) di Kebun Tani Milenial Bengkulu mengatakan bahwa pelaksaan ujian tugas akhir sudah berjalan dengan baik, namun Ia merasa belum maksimal selama ujian tugas akhir karena gugup dalam menjawab pertanyaan dari penguji. Selain itu Mudiono mahasiswa yang mengikuti ujian akhir menyampaikan ucapan terimakasih kepada pembimbing dan penguji. “Dalam penyusunan tugas akhir saya sangat senang dan bersemangat walaupun saya sering salah, namun saya jadi bisa mengerti salah dan benarnya. Saya ucapan terimakasih kepada bapak ibu pembimbing dan penguji. semoga selalu bersabar dalam menghadapi mahasiswa dalam bimbingan karena setiap mahasiswa mempunyai kemampuan yang berbeda, mohon maaf jika saya banyak salah tingkah laku atau pun tutur kata yang kurang sopan kepada bapak ibu pembibing dan penguji.” Ucap Mudiono yang memiliki topik tugas akhir Aplikasi Pupuk Organik Dan Pengaturan Jarak Tanam Pada Budidaya Tanaman Kacang Panjang (Vigna Sinensis L.) Varietas Kanton Tavi di Dataran Rendah.

Penulis : Septya Eka Prasetia Rani

Leave Comment

Your email address will not be published.