PELANTIKAN DIREKTUR AKREL PERIODE TAHUN 2022-2026

AKREL (8/6/2022), Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek-RI) Ir. Suharti, M.A.,Ph.D, resmi melantik Ir. Joko Sutopo Sugeng Hartono, M.T.A sebagai Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) periode tahun 2022-2026 pada Selasa, 7 Juni 2022 di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dalam kesempatan yang sama, Kemdikbudristek juga melantik pejabat fungsional ahli utama, Direktur Politeknik, dan Kepala Lembaga Layanan di wilayah Kemdikbudristek. Acara pelantikan berjalan secara khidmat dan juga secara langsung ditayangkan pada Channel Youtube Kemendikbud RI.

Upacara pelantikan pejabat di  lingkungan Kemendikbud diawali dengan pembacaan keputusan Presiden RI No. 19/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan fungsional ahli utama, Dr. Ketut Wiratyana, M.Si sebagai Peneliti Ahli Utama pada Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. Selanjutnya pembacaan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI No. 34034; No. 34510; No. 34616; No. 34619; No. 34620, dan No. 34621/MPK.A/KP.07.00/2022 tentang pengangkatan pemimpin perguruan tinggi negeri periode tahun 2022-2026 dan Kepala Layanan Pendidikan Tinggi di lingkungan Kemdikbudristek, Dady Mairuhu, S.T., MM sebagai Direktur Politeknik Negeri Ambon; Ir. Joko Sutopo Sugeng Hartono, M.T.A sebagai Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong; Prof. Dr. Iskhaq Iskandar, M.Sc sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II; Afdalisma, SH., M.Pd sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X; Dr. Ir. Rizal Munadi, MM., MT sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIII; dan Munawir Sadzali Razak, S.IP., MA sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XVI.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan pejabat langsung dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek dan diikuti oleh pejabat yang dilantik sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah atau janji jabatan disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek menyampaikan bahwa secara resmi dilantiknya pejabat di lingkungan Kemdikbudristek. “saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan”, ujar Suharti. Setelah pejabat terlantik diambil sumpahnya, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan dari Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, Ir. Abdul Azis, MP kepada Ir. Joko Sutopo Sugeng Hartono, M.T.A. yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, kemudian dilanjutkan dengan  pengalungan tanda jabatan oleh Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek.

Di akhir kegiatan Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelantikan pejabat di lingkungan Kemdikbudristek yaitu 1 (satu) orang pejabat fungsional ahli utama, 2 (dua) orang pimpinan perguruan tinggi negeri dan 4 (empat) orang Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi. “Kepada Bapak Dr. Ketut Wiratyana, M.Si sebagai Peneliti Ahli Utama dengan ekspertis arkeologi dan sejarah budaya berharap kiprah ke depan lebih berarti dalam kemajuan kebudayaan dan pendidikan di Indonesia sekaligus menjadi inspirator, menjadi teladan para peneliti muda. Selanjutnya Direktur Politeknik Negeri Ambon dan Direktur Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong, Kemdikbudristek butuh dukungan Bapak untuk memastikan pendidikan yang dikembangkan di Indonesia agar benar-benar dapat menjawab tuntutan kebutuhan. Kemudian Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi bahwa perlu melakukan pembinaan dan pendampingan untuk program prioritas kementerian yaitu program kampus merdeka untuk benar-benar bisa dilaksanakan termasuk di perguruan tinggi swasta yang dibina, begitu juga dengan program-program yang lainnya seperti program PIP Kuliah”, ujar Suharti.

Terakhir, dalam sambutannya Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek berharap,”saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Beni Bandana Jaya, Bapak Abdul Azis, Bapak Yuliansyah, Bapak Heri, Bapak Faisal, dan Bapak Mahludin atas pengabdian dan jasa-jasa selama memangku jabatan selama ini, tetap terus semangat berkarya pada bidang pengabdian masing-masing. Akhir kata semoga kita semua diberikan kekuatan untuk menjalankan amanah memimpin pembangunan di bidang pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia” tambahnya.

Penulis : Yulian Sharah

Leave Comment

Your email address will not be published.