PELAKSANAAN UJIAN PKL TAHUN AKADEMIK 2021/2022

AKREL (18/05/2022). AKREL melaksanakan ujian praktek kerja lapang (PKL) yang telah dilakukan oleh mahiswa selama 40 hari silam di berapa titik lokasi di Provinsi Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Jambi. Ujian PKL ini untuk menguji kompetensi dan kemampuas dari mahasiswa sehabis mencari ilmu ditempat PKL serta untuk mengevaluasi pelaksanaan PKL yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa.

Ujian PKL Program Studi Budidaya Tanaman Hoetikultura

Ujian PKL dilaksanakan oleh ketiga program studi diantaranya Program studi Tanaman Hortikultura sebanyak 9 orang mahasiswa yang telah melaksanakan PKL di CV. Agrindo Makmur Curup dan Kebun Tani Milenial Provinsi Bengkulu. Program studi Teknologi Produksi Ternak Unggas sebanyak 8 orang mahasiswa yang melaksanakan PKL di PT. Semesta Mintra Sejahtera Cabang Provinsi Bengkulu dan PT. Super Unggas Jaya Lubuk Lingga Provinsi Sumatra Selatan, sedangkan untuk Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan PKL Sebanyak 20 orang mahasiswa di beberapa tempat di antaranya 3 orang di POKDAKAN 3 Bersaudara Provinsi Bengkulu, 1 orang di Yesfarm ikan hias Talang benih Kabupaten Rejang Lebong, 5 orang di Polifishfarm Politeknik Negeri Lampung, 6 Orang di Balai Benih Ikan Palembang dan 5 orang di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi.

Jadwal Pelaksanaan ujian Praktek Kerja Lapang dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing program studi, untuk program studi Tanaman Horikultura dilaksanakan pada tanggal 18 Mei 2022 – 20 Mei 2022, Program Studi Ternak Unggas pada tanggal 23 Mei 2022 dan Program studi Budidaya Perikanan Air Tawar dimulai pada tanggal 19 Mei 2022 – 24 Mei 2022 dengan alokasi waktu ujian minimal 1 jam. 

Sebelum melaksanaan ujian PKL mahasiswa terlebih dahulu mempersiapkan berkas-berkas ujian PKL diantaranya power poin materi ujian PKL, laporan PKL, dan mengisi form nilai-nilai yang akan diisi oleh Dosen Pembimbing PKL sesuai dengan poin-poin yang tersedia. Menurut salah satu Panitia ujian PKL menyatakan bahwa “teknis ujian PKL ini dilakukan dengan membagi mahasiswa ke dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok dibimbing dan diuji oleh satu orang dosen penguji, ujian PKL ini bertujuan untuk menguji kopetensi, pemahaman dan keterampilan mahasiswa yang sudah terlaksana selama 45 hari” pungkasnya. 

Seperti yang diungkapakan salah satu mahasiswa peserta ujian PKL Maulidiya Khafizoh pada saat ujian “deg-degan dan gerogi tetep dirasakan” ujar Maulidiya, “waktu ujian masing-masing mahasiswa dilaksanakan selam 1 jam dengan metode pemaparan, tanya jawab dan koreksi, ada beberapa koreksi yang harus dikerjakan, tapi intinya saya bersyukur ujian ini bisa dilaksanakan dengan baik, dan saya mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing PKL yang telah membimbing kami selama kegiatan PKL berlangsung” tambahnya.

Penulis : Asih Sriyanti

Leave Comment

Your email address will not be published.