TIM PkM PRODI BTH MELAKUKAN PENDAMPINGAN KWT MATAHARIUNTUK PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN BTH MELALUI PENGEMASAN DAN STARTEGI PEMASARAN

AKREL (19/06/2021). Salah satu tim PkM Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) kembali melakukan kegiatan pengabdian masyarakat bersama mitra yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Matahari di Kelurahan Simpang Nangka Kabupaten Rejang Lebong. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk berjalannya Tridharma Perguruan Tinggi di lingkungan AKREL. Setiap tahunnya AKREL merencanakan program penelitian dan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan dan mengembangkan mutu SDM Masyarakat.Tim PkM telah melalui berbagai rangkaian proses seleksi penerimaan pendanaan PkM AKREL sehingga kegiatan ini dapat sasaran.

Kegiatan yang dilakukan bersama KWT Matahari di Kelurahan Simpang Nangka merupakan bentuk pendampingan secara langsung kepada mitra dalam pengembangan produk olahan hasil hortikultura melalui pengemasan dan peningkatan strategi pemasarannya. Hasil survei sebelumnya yang dilakukan oleh tim PkM, bahwa KWT Matahari merupakan salah satu KWT yang pada awalnya bergerak dalam bidang budidaya tanaman. Namun seiring dengan kondisi, mereka mulai beralih pada pengolahan hasil-hasil produk hortikultura. Salah satu produk olahan yang dihasilkan adalah berbagai macam olahan keripik mulai berbahan baku pisang, ubi, dan talas. Selama ini, produk-produk yang mereka produksi hanya menggunakan kemasan standar yang dapat diperoleh dengan mudah di pasar. Selain itu, pemasaran yang dilakukan oleh KWT Matahari masih dilakukan secara langsung disekitaran lingkungan mereka tinggal. Sehingga Andika Prawanto, selaku Ketua PkM AKREL, memfokuskan pada pembaharuan kemasan produk untuk meningkatkan nilai tambah produk serta minat konsumen terhadap produk dari KWT Matahari. Selain itu, penambahan wawasan terkait strategi pemasaran pada KWT Matahari dimaksudkan agar produk dapat lebih komersil lagi di kalangan masyarakat dan menembus pasar di luar daerah.

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan ini melibatkan kurang lebih 7 orang anggota tim PkM yang bertidak selaku narasumber maupun tutor dalam pendampingan. Selain itu, tim PkM juga mendatangkan secara langsung narasumber dari Dinas Kesehatan yaitu Imam Ganda Saputra, yang merupakan narasumber dalam strategi pemasaran produk.Serta pelaksanaan PkM juga melibatkan beberapa mahasiswa dari Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan di rumah salah satu anggota KWT Matahari. Ketua KWT MatahariSri Maryani menyampaikan “kami sangat berterima kasih kepada tim PkM AKREL yang telah memberikan pendampingan secara langsung kepada KWT Matahari”. Besar harapan kami agar kegiatan seperti ini tetap dapat dilakukan terutama di KWT Matahari”. Andika Prawanto, S.Si., M.Si., juga menegaskan “Kegiatantidak hanya berhenti sampai disini, kita akan merencanakan setiap tahunnya dengan memberikan manfaat lebih kepada mitra atau masyarakat sekitardan juga, setelah kegiatan pada hari inikita monitoring terus perkembangannya. Jika tidak berhasil kita akan evaluasi dan menindak lanjuti”.

Penulis : Kiky Nurfitri Sari

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *