AKREL Rabu (10/03/2021) telah melaksanakan kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapang (PKL) bagi mahasiswa semester IV bertempat di ruang pertemuan Simpang Nangka. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester IV berjumlah 26 Orang beserta Dosen/ Instruktur Pembimbing sebanyak 8 Orang.
Acara ini langsung dibuka oleh Direktur AKREL Ir. Abdul Azis, M.P. dalam arahannya beliau menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang akan mengikuti PKL, semoga dalam menjalankan PKL dilakukan dengan penuh semangat dan penuh tanggung jawab. Apalagi kita berada di luar kampus mahasiswa jangan melakukan hal-hal yang dapat merugikan nama baik almamater. Dalam hal ilmu yang akan didapatkan disana ambilah ilmu dengan bersungguh-sungguh dan jangan pernah merasa paling tahu. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan selesai pada waktu yang ditentukan. Selain itu juga beliau berpesan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19.
Adapun lokasi PKL tersebar di Kota Bengkulu dan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan. Tempat PKL tersebut adalah : Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Bengkulu untuk mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, PT. Semesta Mitra Sejahtera dan PT. Super Unggas Jaya untuk mahasiswa Progam Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas, sedangkan untuk mahasiswa Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar tempat PKL di Distributor Pakan Ikan dan Usaha Pembesaran Ikan Ivanda serta Stasiun Perbenihan Bidang Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Selatan. Dimana tempat PKL Progam Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas dan Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar berlokasi di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.
Pada kesempatan yang sama Direktur AKREL memberikan Buku Panduan dan Lembar Isian PKL secara simbolis kepada mahasiswa AKREL angkatan ke VIII Tahun 2021. Setelah acara Pembukaan dilanjutkan materi tentang Tata Tertib yang disampaikan oleh Wakil Direktur AKREL sekaligus sebagai Ketua Panitia Risa Wentasari, S.P., M.Si., pada kesempatan ini disampaikan hal – hal yang boleh dilakukan dan hal – hal yang tidak boleh dilakukan selama kegiatan PKL yang tercantum dalam buku panduan PKL yang mencakup : pendahuluan, tujuan, pelaksanaan PKL (waktu dan lama kegiatan, pengaturan kegiatan, materi kegiatan dari masing-masing prodi dan laporan), penilaian dan kelulusan, tata tertib PKL, dan penutup. Wakil Direktur juga menyampaikan kepada Dosen atau Instruktur Pembimbing PKL agar dapat membimbing mahasiswanya dengan baik.
Materi selanjutnya adalah pengenalan lokasi PKL oleh Koordinator Program Studi masing – masing. Dilanjutkan diskusi dengan Dosen/Instruktur Pembimbing. PKL ini akan berlangsung selama 6 minggu di lokasi masing-masing, dimulai pada tanggal 15 Maret – 27 April 2021. Sedangkan Ujian PKL direncanakan berlangsung pada tanggal 3 Mei – 7 Mei 2021. Semoga dengan kegiatan PKL ini dapat memberikan gambaran dan wawasan serta ilmu bagi mahasiswa tentang dunia kerja, dunia usaha dan dunia industri yang akan menjadi bekal untuk menghadapi dunia nyata ketika lulus dari AKREL.
Penulis : Joni Marlin, A.Ma.Pi.