PRAKTIKUM ASYIK :  MAHASISWA BTH BERHASIL PANEN BUAH SEMANGKA DI DATARAN TINGGI

AKREL (04/07/2022), Memasuki minggu ke 14, mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (BTH) yang mengambil mata kuliah budidaya tanaman buah semusim mulai menuai hasil dari kegiatan praktikum yang telah dilakukan. Kurang lebih hampir tiga bulan lamanya melakukan kegiatan budidaya tanaman buah semusim mulai dari tanaman semangka, tanaman melon, tanaman labu, dan tanaman nanas, mahasiswa mulai melakukan kegiatan panen. Kegiatan panen dilakukan secara langsung sebagai bentuk dari penerapan materi panen yang telah diberikan. Sebelumnya mahasiswa Program Studi BTH yang sedang mengambil mata kuliah budidaya tanaman buah semusim, telah memulai kegiatan praktik budidaya tanaman buah semusim mulai dari kegiatan pengolahan lahan, persemaian, penanaman, pemeliharaan hingga pada kegiatan panen seperti yang dilakukan. 

Kegiatan panen yang dilakukan ini merupakan kegiatan panen awal dari kegiatan budidaya tanaman semangka yang dilakukan. Terhitung dari 30 batang tanaman semangka yang ditanam oleh mahasiswa, telah menghasilkan kurang lebih sebanyak 3 buah pada masing-masing tanaman yang siap untuk dipanen dalam beberapa minggu ke depan. 

Kegiatan panen awal ini, merupakan bentuk keberhasilan mahasiswa dalam menerapkan kegiatan praktikum budidaya tanaman khususnya budidaya tanaman buah semusim yaitu tanaman semangka. Antusias dari mahasiswa melakukan kegiatan tersebut sangat terlihat jelas pada saat kegiatan praktikum berlangsung. Kegiatan tersebut langsung ditanggapi oleh salah satu mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan praktik panen “alhamdulillah kegiatan panen ini berhasil kami lakukan setelah melakukan kegiatan pemeliharaan yang cukup panjang dan kali ini kami berhasil menuai hasil“ ujar Bambang yang merupakan Komti dari pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan praktikum pada mata kuliah Budidaya Tanaman Buah Semusim tersebut. Hasil panen awal yang diperoleh mahasiswa kali ini yaitu mencapai 20 kg dengan rata-rata berat buah kurang dari 3 kg per buahnya. Bukan hanya itu, kualitas buah yang dihasilkan juga menunjukkan karakter buah yang diminati oleh masyarakat. 

Semangat dari para mahasiswa juga terlihat jelas selama kegiatan berlangsung. Beberapa mahasiswa tidak lupa untuk mengabadikan kegiatan tersebut melalui sebuah jepretan kamera. Kegiatan ini benar-benar dinikmati oleh mahasiswa setelah berhasil melakukan kegiatan budidaya tanaman buah semusim yaitu tanaman semangka. Akhir dari kegiatan, mahasiswa pun langsung mengolah hasil panen menjadi sebuah minuman segar yang dinikmati secara bersama-sama dengan mahasiswa lainnya. 

Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan langkah awal untuk tetap memotivasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan budidaya tanaman pertanian. Dengan ilmu yang diberikan selama ini, para tenaga pendidik pengampu mata kuliah budidaya tanaman buah semusim mengharapkan mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih dari yang mereka ketahui. Selain itu, dengan skill yang dimiliki, diharapkan praktikum yang telah dilakukan tersebut dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan profesional pada bidangnya ke depan nanti. 

Penulis : Kiky Nurfitri Sari

Leave Comment

Your email address will not be published.