PERJUANGAN MAHASISWA PRODI PTU MERAIH GELAR A.Ma.Pt

AKREL (12/08/22), Mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (Prodi PTU) Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) melaksanakan ujian tugas akhir tahun akademik 2021/2022 yang dijadwalkan berlangsung selama empat hari yang diselenggarakan dari tanggal 9-12 Agustus 2022 di ruang ujian Prodi PTU. 

Sebelum pelaksanaan ujian tugas akhir, panitia tugas akhir Prodi PTU menggelar rapat pra-ujian tugas akhir yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2022 di ruang kelas Prodi PTU. Rapat pra-ujian tugas akhir ini dipimpin oleh Atni Yeni selaku panitia ujian tugas akhir. Panitia tugas akhir memberikan pengarahan kepada mahasiswa sehari sebelum jadwal ujian yang telah ditentukan. Adapun berkas administrasi yang harus dilengkapi mahasiswa sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir tugas akhir adalah fotokopi tugas akhir yang telah disetujui oleh dosen pembimbing, lembar konsultasi bimbingan tugas akhir, rekomendasi ujian akhir dari dosen pembimbing serta undangan ujian tugas akhir untuk dosen pembimbing dan dosen penguji. “Selain melengkapi persyaratan administrasi, saat ujian mahasiswa diwajibkan memakai baju putih, berdasi, celana hitam, dan memakai jaket almamater serta harus hadir di ruang ujian paling lambat 30 menit sebelum ujian berlangsung”, ujar Atni Yeni yang menjelaskan persyaratan untuk ujian akhir tugas akhir.

Tugas akhir ini bertujuan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar diploma bagi mahasiswa program D2 untuk mendapatkan gelar Ahli Muda Peternakan (A.Ma.Pt) dan juga merupakan langkah selanjutnya yang harus dilewati oleh mahasiswa setelah naskah tugas akhir disetujui oleh dosen pembimbing untuk diujikan. Nining Suningsih selaku koordinator Prodi PTU menyampaikan “walaupun pelaksanaan ujian tugas akhir Prodi PTU dapat dibilang terlambat dari kalender akademik, namun dosen pembimbing sangat berupaya agar mahasiswa dapat menyelesaikan tugas akhir ini dan bisa dilaksanakannya ujian tugas akhir dengan nilai yang memuaskan” pungkasnya. 

Kemudian salah satu dosen pembimbing tugas akhir Tri Putra Syawali juga menyampaikan “mahasiswa Prodi PTU angkatan ini sangat spesial, dalam penyusunan tugas akhir ini mereka sangat butuh dorongan semangat dari dosen pembimbingnya padahal mahasiswa kita memiliki keinginan untuk lulus sangat tinggi. Selesainya ujian tugas akhir ini bukanlah akhir dari perjuangan, masih adanya perbaikan masukan dari dosen penguji selama ujian tugas akhir” ungkapnya.

Pelaksanaan ujian tugas akhir dihadiri oleh dosen pembimbing sebagai moderator dan dua orang dosen penguji yang dilaksanakan selama dua hingga tiga jam untuk masing-masing mahasiswa. Selama ujian tugas akhir, mahasiswa diwajibkan memaparkan dan mempresentasikan materi tugas akhir kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara mahasiwa dengan dosen penguji dan diakhiri dengan penyampaian kelulusan oleh dosen pembimbing atau moderator. 

Akbar Alfiansyah Harahap salah satu mahasiswa yang telah melaksanakan ujian tugas akhir dengan judul Manajemen Brooding Ayam Broiler pada Kandang Tertutup (Closed House) di Mitra PT. Super Unggas Jaya Desa E Wonokerto Kecamatan Tugu Mulyo Kabupaten Musi Rawas. “Alhamdulillah saya merasa sangat bersyukur dan bangga karena dapat menyelesaikan ujian tugas akhir ini pada Selasa, 9 Agustus 2022 yang lalu. Hari itu merupakan salah satu momen berharga dan penuh haru yang pernah saya rasakan, dengan perasaan bahagia sampai tidak bisa berkata-kata lagi saat moderator mengumumkan kelulusan saya”, ungkap akbar. Di akhir kesempatan, Akbar menyampaikan terima kasih kepada dosen pembimbing. “Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak dan ibu yang senantiasa membimbing saya hingga dapat menyelesaikan tugas akhir ini, serta tak pernah lupa selalu memberikan semangat dan apresiasi yang luar biasa kepada saya baik sebelum maupun setelah ujian tugas akhir berlangsung. Semua kesan menyenangkan yang saya dapati selama ini akan selalu menjadi pengalaman terbaik semasa hidup saya. Meski awalnya saya ragu dan takut saat sebelum berlangsungnya ujian, tetapi keyakinan serta doa orang tua dan dukungan para dosen sekalian serta teman-teman, membuat rasa percaya diri saya mengalahkan rasa takut tersebut. Hal ini sangat perlu kita ingat, bahwa rasa takut bukanlah sebuah ancaman, melainkan tantangan besar yang harus diatasi untuk mencapai sebuah keberhasilan”, tambah Akbar.

Selain itu, Gopal mahasiswa yang telah melaksanakan ujian tugas akhir juga mengungkapkan rasa syukurnya. “Alhamdulillah akhirnya saya bisa melewati tahapan untuk meraih gelar A.Ma.Pt ini yaitu sidang ujian tugas akhir. Ujian ini merupakan suatu proses yang ditunggu-tunggu oleh seorang mahasiswa, banyak hal yang susah untuk diungkapkan dengan kata-kata baik mulai awal menjadi mahasiswa sampai menjelang sidang tugas akhir”, ungkap Gopal. Kemudian Gopal juga menyampaikan terima kasih kepada Prodi PTU, “hanturan salam hormat kepada Dosen, Instruktur, dan Teknisi serta staf AKREL berkat dukungan, kritik dan saran sehingga sanggup sampai di tugas akhir ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita umur dan rejeki yang melimpah dan semoga kita selalu bisa saling mendoakan dan bersilaturahmi selamanya”, tambahnya. 

Ketika pengumuman kelulusan mahasiswa, Muhammad Hakim selaku salah satu dosen penguji tugas akhir mahasiswa menyampaikan “Selamat kepada mahasiswa yang telah berhasil melewati tahapan ujian tugas akhir ini dan semoga ilmu yang didapat selama kuliah di AKREL dapat bermanfaat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”. Diakhir kesempatan Hakim mengungkapkan harapan untuk mahasiswa adanya perubahan dalam berkomunikasi, kedisiplinan, dan moral. Karena kehidupan dunia kerja sangatlah berat. 

Penulis : Yulian Sharah

Leave Comment

Your email address will not be published.