AKREL IKUT SERTA DALAM PEMILIHAN DUTA KOSMETIK AMAN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REJANG LEBONG

AKREL(12/05/2022), Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong ikut serta dalam pemilihan duta kosmetik aman yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Rejang Lebong. Pemilihan ini berlangusng di Ruang VIP RM Gadih Rantih yang di ikuti oleh siswa dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dalam pemilihan ini, AKREL mengirimkan 3 perwakilannya yang berasal dari mahasiswa ketiga Program Studi. Dari Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar di wakili oleh Windi Melvitasari. Program studi Teknologi Produksi Ternak Unggas yang diwakili oleh Tianzi Agustin dan dari Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura di wakili oleh Vani Dwi Nur Ramadani.

Dalam pemilihan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong Nuning Nurdani, dan staf-staf BPOM Kabupaten Rejang Lebong lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan Pre tes dengan sepuluh pertanyaaan pilihan ganda seputar kosmetik. Pada kesempatan ini Badan Pengawas Obat dan Makanan menghadirkan tiga narasumber untuk memberikan bekal kepada seluruh peserta Duta Kosmetik Aman Tahun 2022.

Materi pertama disampaikan oleh Isma Nur Fara tentang profil BPOM. Meliputi Dasar Hukum, Visi Misi, Tugas BPOM, ruang lingkup pengawasan, kewewenangan BPOM, Budaya Organisasi BPOM, Peran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan masih banyak lagi. Materi kedua di sampaikan oleh murti tentang cerdas memilih dan menggunakan kosmetik aman. Para peserta sangat antusias mendengarkan paparan meteri beliau yang menjelaskan tentang fungsi utama kosmetik, definisi kosmetika (PERMENKES NO.1176 Tahun 2010), CekKlik (Kemasan, Label, Izin Edar, Kadaluarsa.), cara cek izin edar, tips memilih kosmetika, klaim kosmetika, serta tips menggunakan kosmetika. Materi ke tiga disampaikan oleh Nuning NurDani Selaku Kepala Bidang Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan materi tentang public speaking meliputi pengertian public speaking, tips public speaking dan etika yang harus di perhatikan ketika berbicara di depan. 

Setelah selesai semua materi dilanjutkan dengan posttest dengan pertanyaan yang sama pretest dengan sepuluh pertanyaan pilihan ganda dan technical meeting kemudian di akhiri dengan acara penutupan dan makan siang bersama. Menurut perwakilan salah satu peserta perwakilan AKREL mengatakan” Saya dapat pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang kosmetik yang aman dan cara mengetahui kosmetik tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau belum, yang pastinya dapat pengalaman baru dan teman baru dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong” pungkasnya.

Penulis : Windi Melvitasari   

Leave Comment

Your email address will not be published.