TIM PkM INTERNAL MONITORING KEGIATAN PkM INSTRUKTUR BTH DI KELURAHAN KAMPUNG JAWA

AKREL (28/07/2022). Reviewer didampingin oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) internal khusus Instruktur Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura melaksanakan kegiatan monitoring di Kelurahan Kampung Jawa.  Kegiatan monitoring ini dihadiri oleh ketua dan beberapa anggota PKK kelurahan Kampung Jawa serta Lurah Kelurahan Kampung Jawa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah  program yang dibuat berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang direncanakan atau tidak, serta untuk mengetahui apakah ada hambatan yang terjadi dalam menerapkan kegiatan tersebut dikehidupan bermasyarakat. Selain itu juga kegiatan monitoring bertujuan untuk mengetahui bagaimana para pelaksana program itu mengatasi hambatan  yang terjadi ketika program tersebut dilaksanakan.   

“Yang bertindak sebagai tim reviewer seharusnya adalah Ir. Joko S.S. Hartono, M.TA. dan Risa Wentasari, S.P., M.Si. tetapi dikarenakan ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga diwakilkan oleh Nining Suningsih, S.Pt., M.Si. dan Nur’aini, S.Pt., M.Pt. selaku Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (P3-MPM)”, ujar Prayoga. 

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami dan harapan kami kedepannya semoga ada lagi kegiatan pengabdian tetapi dibidang lainnya”, ucap salah satu peserta monitoring. Lurah Kampung Jawa Bahrudin mengatakan “semoga program seperti ini tetap berlanjut karena masyarakat perkotaan sangat membutuhkan pendampingan dan pelatihan program pemberdayaan masyarakat” pungkasnya. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Nining selaku reviewer, “Masyarakat sangat antusias dalam kegiatan monev dan mereka berharap kedepannya ada kegiatan pendampingan terkait yang telah diberikan” ungkapnya.

Kegiatan monitoring ditutup dengan foto bersama di sebelah instalasi hidroponik yang telah dijadikan sebagai contoh dan diserahkan ke pihak mitra.  Mengingatkan kembali bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Kampung Jawa merupakan kegiatan PkM internal yang diselenggarakan oleh Instruktur Program Studi BTH yang dilaksanakan pada Selasa, 5 Juli 2022 silam.  Adapun tema kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  yaitu Pelatihan Pemanfaatan Botol Bekas dan Sisa Kotoran Ikan dalam Kolam Terpal Guna Budidaya Sayuran Hidroponik sebagai Solusi Urban Farming dan Penambah Nilai Gizi bagi Masyarakat Kota.  Kegiatan ini berkaitan dengan pembuatan instalasi hidroponik yang digabungkan dengan budidaya ikan lele dalam kolam terpal.  

Pengabdian kepada Masyarakat ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama yaitu pembukaan dan penyampaian materi.  Pembukaan kegiatan PkM ini langsung dilakukan oleh Ir. Joko S.S. Hartono, M.TA., sedangkan untuk materi disampaikan oleh Risa Wentasari, M.Si yang merupakan salah satu Tim Pengajar untuk Mata Kuliah Budidaya Sistem Hidroponik.   Pada sesi kedua dilakukan praktik pembuatan instalasi hidroponik. Pembuatan instalasi hidroponik ini dilakukan oleh peserta kegiatan PkM  yang dibantu oleh teknisi serta dua orang mahasiswa dari Prodi BTH dan dipandu oleh ketua pelaksana yaitu Prayoga Gumilar Geri Winarno, S.P.

Penulis : Eka Puspita

Leave Comment

Your email address will not be published.