CIPTAKAN WIRAUSAHAWAN MUDA, AKREL GELAR PELATIHAN PENGEMBANGAN USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA

AKREL (22/07/2022). Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) terus mendorong masyarakat agar menjadi wirausahawan. Salah satunya  dengan memberikan pelatihan pengembangan usaha pembenihan ikan nila kepada mahasiswa Program Studi D2 Budidaya Perikanan Air Tawar (PS-BAT). Koordinator PS-BAT, Sadisman Hadi, S.Pi., mengatakan AKREL melalui program studi memberikan peluang kepada mahasiswa calon wirausaha pemula untuk mempelajari dan membekali diri dengan keterampilan sebelum memulai usaha. “Pelatihan ini digelar untuk membekali para mahasiswa calon wirausaha yang ingin mengembangkan potensi dirinya untuk memulai usaha ataupun merintis usaha rumahan,” katanya saat memberikan sambutan. AKREL memfasilitasi para mahasiswa calon wirausaha untuk mendapatkan bekal pelatihan dan pengalaman dari ahlinya dengan mendatangkan narasumber yang memang pakar di bidangnya.

Pelatihan tersebut mendatangkan dua narasumber yaitu Rudiansyah, S.Pi., M.Si. (Dosen Ilmu Perikanan Universitas Bina Insan Lubuklinggau) dan Nasyir Husain, S.Pi. (Supervisor PT Suri Tani Pemuka Wilayah Sumbagsel). “Pelatihan ini diharapkan bisa menginspirasi para mahasiswa calon wirausaha muda dalam memulai bisnisnya” kata Risa Wentasari, S.Pi., M.Si. Wakil Direktur AKREL saat membuka acara. Cici Shaleha, salah satu peserta berharap melalui pelatihan yang digelar pada hari ini para peserta dapat segera mengaplikasikan bekal pengetahuan yang didapatkan untuk kemudian langsung terjun berwirausaha.

Sementara itu, Nasyir Husain, S.Pi. salah satu narasumber yang terlibat mengaku senang bisa membagikan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan inspirasi kepada mahasiswa calon-calon wirausaha muda. “Wirausahawan yang baik adalah orang yang mau memulai usaha dari sekarang (do action, right now) dan mampu bertahan menjalankan usaha tersebut” katanya.

Tak hanya itu, dalam berbisnis, tambah Rudiansyah, S.Pi., M.Si. narasumber lainnya, mengungkapkan seorang wirausahawan, juga harus mengikuti perkembangan zaman dan selera pasar, salah satunya dengan memasarkan produknya lewat sosial media. Semoga melalui kegiatan yang diselenggarakan AKREL melalui PS-BAT ini nantinya akan terus berjalan dengan narasumber berbeda setiap tahunnya sehingga dapat memberikan dampak positif kepada para mahasiswa serta menjadi bekal ketika lulus nanti.

Penulis : Muhammad Subhan Hamka

Leave Comment

Your email address will not be published.