DOSEN AKREL MENGIKUTI PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

IMG20220628153044

AKREL (28/06/2022), Dosen Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) mengikuti pendampingan penyusunan proposal hibah pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II selama dua hari yakni 27-28 Juni 2022 yang berkerjasama dengan Universitas Baturaja (UNBARA).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah 2 Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si. Hari pertama, kegiatan dimulai dengan persamaan persepsi terkait pentingnya pengabdian bagi dosen oleh ketiga narasumber diantaranya: Dr. H. Agus Sutanto, M.Si., Nedi Hendri, S.E., M.Si., dan Parwito, S.P., M.Si. Kemudian para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, tiap kelompok terdiri dari 20 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi yang berada pada naungan LLDIKTI Wilayah 2. Hari kedua, para peserta di setiap kelompok mempresentasikan masing-masing proposal pengabdian kepada para narasumber, kemudian dibedah dan diberikan masukan, baik substansi, judul maupun penyusunan rancangan anggaran biaya (RAB) yang akan diajukan.

Pada kesempatan kali ini, Muhammad Hakim, S.Pt., M.Pt. Dosen Prodi Teknologi Produksi Ternak Unggas (PTU) AKREL menyampaikan “Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini, kami tahu alasan proposal pengabdian yang diajukan tidak lolos tahun ini” pungkasnya. “Ya, banyak hal yang perlu ditambahkan untuk melengkapi proposal pengabdian yang diajukan tahun ini, semoga tahun depan bisa lolos pendanaan”  Kiky Nutrifitri Sari, S.P., M.Si. menambahkan.

IMG20220628144112

Kegiatan ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan oleh peserta, AKREL diwakili oleh Andika Prawanto, S.Si., M.Si. Ada beberapa poin yang disampaikan diantaranya: 1) Kegiatan pendampingan ini sangat bermanfaat bagi dosen-dosen perguruan tinggi khususnya dosen AKREL, 2) Setelah bedah proposal ada banyak revisi yang harus diperbaiki untuk siap upload, 3) Semoga tahun depan kegiatan ini bisa diselenggarakan di Kampus AKREL. 

IMG20220628151421

Selain itu tim narasumber mengumumkan evaluasi kegiatan selama dua hari berturut-turut, hasilnya 80% proposal peserta yang dibedah statusnya revisi mayor atau 50% harus diperbaiki untuk siap upload. Narasumber juga mengumumkan beberapa peserta dengan proposal terbaik, dua diantaranya adalah dosen AKREL yaitu Andika Prawanto, S.Si., M.Si. dan Nur’aini, S.Pt., M.Pt.    

Diharapkan melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LLDIKTI Wilayah II ini nantinya akan terus berjalan sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap para pengusul proposal dan tentunya juga akan memberika manfaat tersendiri bagi intitusi penyelenggara yang menjadi tuan rumah sebagai ajang promosi untuk perguruan tinggi mereka.

Penulis : Muhammad Subhan Hamka

Leave Comment

Your email address will not be published.