TINGKATKAN FASILITAS LAYANAN, TIM LABORAN PRODI PTU AKREL BERBENAH

C:\Users\Mr.User\Downloads\WhatsApp Image 2022-06-27 at 13.18.07.jpeg

AKREL (22/06/202), Tim laboran Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (Prodi PTU) melakukan pembersihan dan merapikan laboratorium Prodi dan renovasi kandang unggas yang terletak di lahan praktikum kampus AKREL Simpang Nangka. Kandang unggas merupakan salah satu tempat yang digunakan oleh tenaga pendidik dan mahasiswa selama kegiatan pembelajaran praktikum dilaksanakan. Renovasi kandang unggas diketuai oleh Yulian Sharah selaku kepala laboratorium Prodi PTU bersama tenaga pendidik, teknisi dan mahasiswa semester dua Prodi PTU. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem gotong royong selama 5 hari. 

Salah seorang tenaga pendidik Prodi PTU mengatakan, “adanya beberapa kerusakan fasilitas kandang unggas ini, sehingga perlunya dilakukan renovasi kandang unggas. Kegiatan renovasi kandang unggas ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas yang ada di lahan praktikum sehingga selama proses pembelajaran praktikum dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Kandang unggas digunakan selama kegiatan praktikum pemeliharaan ternak unggas seperti ayam ras pedaging, ayam ras petelur, itik dan ternak unggas lainnya. Hal ini sangat berdampak baik dalam meningkatnya produktivitas ternak selama pemeliharaan. Kandang yang baik memberikan kenyaman dan keamanan untuk ternak unggas secara langsung”.

C:\Users\Mr.User\Downloads\WhatsApp Image 2022-06-27 at 12.28.29.jpeg

Kandang unggas ini merupakan tipe kandang panggung dengan menggunakan slatt floor system yaitu lantai kandang berbahan berupa bilah-bilah yang disusun memanjang sehingga lantai kandang bercelah-celah. Bahan yang digunakan berupa bilah bambu. Lebar celah 2,5 cm dan lebar bilah 2,5 cm dengan ketebalan 2,5 cm. Kandang unggas ini memiliki panjang 20 meter dan lebar 8 meter dengan kapasitas maksimal 2.000 ekor ayam ras pedaging per periode pemeliharaan. Selain itu, di bawah kandang unggas juga terdapat kandang itik yang memiliki panjang 4 meter dan lebar 3 meter dengan kapasitas maksimal 40 ekor itik. 

D:\AKN REJANG LEBONG\WEB AKREL\IMG20210610110935.jpg

Ada beberapa bagian kandang yang telah rusak dan menjadi perhatian dalam kegiatan renovasi kandang unggas tersebut, yaitu lantai kandang, dinding kandang, dan instalasi listrik dan air. Sebelum renovasi kandang unggas, kepala laboratorium Prodi TPTU melakukan pembagian tugas kepada tim laboran agar kegiatan renovasi terlaksana sesuai waktu yang telah ditentukan. 

Kegiatan renovasi kandang unggas ini dimulai pada pembersihan lahan yang ada di sekitar kandang unggas dengan menggunakan mesin pemotong rumput dan arit. Setelah pembersihan lahan selesai, tim laboran melakukan pembongkaran komponen-komponen kandang unggas yang telah rusak dan harus diganti dengan yang baru seperti bilah-bilah bambu lapuk yang digunakan sebagai bahan untuk lantai dan dinding kandang unggas dan dilanjutkan melakukan pembilahan bambu untuk lantai kandang sesuai ukuran yang telah ditentukan dan berlanjut kegiatan pemasangan bilah-bilah bambu tersebut.

D:\AKN REJANG LEBONG\WEB AKREL\IMG20210610105309.jpg

Kegiatan renovasi selanjutnya adalah perbaikan dinding kandang unggas yang menggunakan kawat harmonika. Kawat harmonika memiliki beberapa kelebihan, antara lain kuat, panjang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, proses pemasangan yang mudah, harga terjangkau dan aman digunakan. Dilanjutkan dengan pemasangan kawat ram, pemasangan terpal, dan instalansi listrik dan air untuk kandang.

Selain dilakukan perbaikan kandang, dilakukan juga pembersihan dan merapikan laboratorium Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (Prodi PTU). Kegiatan yang dilaksanakan meliputi investarisasi peralatan yang ada di laboratorium, peletakan ulang peralatan di laboratorium, dan penyusun dokumen yang merupakan arsip di laboratorium prodi PTU. 

Pada akhir kegiatan, Arif rahman Azis selaku teknisi Prodi PTU menyampaikan “semoga dengan adanya renovasi kandang di Prodi PTU ini dapat meningkatkan produksi dalam pemeliharaan ternak unggas baik itu produksi ayam pedaging, produksi ayam petelur maupun produksi itik yang ada di kandang prodi PTU, serta kegiatan praktikum mahasiswa dapat terlaksana dengan baik karena telah adanya peningkatan fasilitas untuk kegiatan praktikum pemeliharaan” pungkasnya.

Penulis : Tri Putra Syawali

Leave Comment

Your email address will not be published.