PRAKTIKUM ASYIK : PRODI PTU CHICK IN BROILER KUALITAS NOMOR SATU

AKREL (08/06/2022), Prodi TPTU Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) melakukan chick in ayam broiler di kandang praktikum TPTU. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pemeliharaan ayam broiler yang terjadwal pada Mata Kuliah Produksi Ayam Ras Pedaging di semester genap 2021/2022 ini. Pemeliharaan ini merupakan salah satu capaian pembelajaran yang wajib tercapai dan ditempuh oleh mahasiswa semester dua TPTU sebagai bagian dari indikator capaian kinerja mata kuliah ini.

Tepat pukul 14.00 WIB DOC (Day Old Chick) tiba dikandang TPTU dan segera dilakukan pelaksanakan pelepasan DOC kekandang pemeliharaan anak ayam sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure). Pada periode ini melalui Laboratorium TPTU, Mata Kuliah Produksi Ayam Ras Pedaging sebagai mata kuliah yang mengadakan pemeliharaan ini menerima 1 box DOC dengan Stran CP 707 GRAD B Kualitas 1 (berat 35 – 40 gram) yang dihasilkan oleh PT. Charoen Pokphand yang merupakan perusahaan penghasil pakan ternak, Day Old Chicks (DOC) dan makanan olahan terbesar di Indonesia. Ayam broiler jenis ini umumnya dipanen pada umur sekitar 4-5 minggu dengan bobot badan antara 1,2-1,9 kg/ekor yang bertujuan sebagai sumber pedaging dan ayam tersebut masih muda dan dagingnya lunak, serta mempunyai beberapa keunggulan seperti daging relatif lebih besar, harga terjangkau, dapat dikonsumsi segala lapisan masyarakat, dan cukup tersedia di pasaran.

Sebelum dilaksanakannya praktikum ini mahasiwa telah mendapatkan pembekalan melalui kuliah dikelas selama 8 pertemuan dan mahasiswa juga telah mengikuti kunjungan lapangan di perusahaan pemeliharaan ayam broiler berskala nasional, dan diharapkan dengan ini mahasiswa mendapatkan lebih banyak ilmu dan kemampuan lapangan.

Nining Suningsih, S.Pt., M.Si berharap dengan dilaksanakan praktikum pemeliharaan ini dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa khususnya dibidang peternakan, kegiatan praktikum berjalan dengan lancar, menghasilkan performa ayam yang baik dan mendapatkan harga yang baik pula. “saya senang kandang pemeliharaan kita aktif dan mulai beroperasi kembali, dengan pemeliharaan periode ini semoga dapat meningkatkan minat wirausaha peternakan mahasiwa TPTU, pemeliharaan berjalan dengan lancar tanpa kendala dan panen nanti mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan” pungkas Koordinator Prodi TPTU.

Jumlah ternak yang dipelihara pada priode ini adalah 104 ekor dengan berat 37 gram per ekor dalam kondisi sehat dan aktif sesuai dengan ciri-ciri bibit yang baik. Ditempatkan pada kandang yang telah disiapkan khusus standar pemeliharaan DOC dan didukung dengan peralatan pemeliharaan yang cukup lengkap dan modern serta dipelihara oleh mahasiswa yang telah mendapatkan pembekalan di mata kuliah dasar pemeliharaan ayam broiler, mengikuti field trip lapangan langsung ke peternakan ayam broiler yang benefit. 

Kurniawan Saputra salah satu mahasiswa yang melaksanakan praktikum begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan praktikum ini. “ini pengalaman pertama saya memelihara langsung ayam broiler dari DOC, saya merasa bersemangat dan penasaran bagaimana pelaksanaan pemeliharaan langsung pada fase starter hingga panen nanti” ujar kurniawan. Berikut juga pandangan salah satu mahasiswi yang ikut dalam praktikum ini, Siska Cindi Pertiwi menyatakan praktikum ini berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan lapangannya dalam pemeliharaan ayam broiler, “praktikum ini membuat saya lebih paham dan berani peraktik langsung mengoprasikan gasolek sebagai pemanas, mengisi recording dan langka kerja Chick In lainnya” pungkasnya.

Dosen pengasuh Mata Kuliah Produksi Ayam Ras Pedaging, Muhammad Hakim, S.Pt., M.Pt dalam penutupan kegiatan praktikum chick in ini menyampaikan pengarahannya kepada semua mahasiwa yang melaksanakan praktikum untuk melaksanakan praktikum dengan baik, berhati-hati dan mematuhi aturan yang telah disepakati, sehingga praktikum ini dapat terlaksana sesuai jadwal dan berjalan dengan lancar.

Penulis : Arif Rahman Azis

Leave Comment

Your email address will not be published.