MAHASISWA PTU MELAKSANAKAN PERSIAPAN KANDANG PEMELIHARAAN AYAM BROILER

AKREL (06/06/2022), Mahasiswa PTU melakukan persiapan kandang untuk pemeliharan ayam broiler. Kandang dan lingkungan merupakan salah satu kebutuhan penting dalam usaha peternakan yang memiliki fungsi untuk menjaga ternak tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan ternak. Kandang yang baik harus dapat melindungi ayam dari pengaruh cuaca (panas, hujan, dingin, dan angin), binatang liar, serta manusia yang dapat mengganggu pertumbuhan ayam selama masa pemeliharaan.  Kenyamanan kandang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat mendukung optimalnya pertumbuhan broiler. Persiapan kandang pemeliharaan ayam broiler dimulai dari pembersihan kandang dan lingkungan hingga kandang siap ditempati oleh anak ayam. 

Muhammad Hakim, S. Pt., M. Pt selaku dosen pengampu dan pembimbing mata kuliah Produksi Ayam Ras Pedaging menyatakan “persiapan kandang ini adalah awal yang yang wajib dilaksankaan dengan baik dan benar agar terhindar dari serangan penyakit yang semakin marak di musim pancaroba ini” ujarnya. “Upaya mengurangi konsentrasi bibit penyakit pada peternakan sepatutnya dilakukan secara sempurna dan ketat terutama pada musim pancaroba seperti sekarang ini. Kegiatan yang yang telah dilaksanakan tadi perlu dilakukan semenjak pasca panen sampai persiapan kandang sebelum diisi ayam kembali. Hal ini mencakup sanitasi, desinfeksi dan istirahat kandang. Semua itu perlu dilakukan supaya dihasilkan syarat kandang yg higienis dan siap untuk ditempati ayam dalam periode pemeliharaan selanjutnya” tambah Hakim.

Persiapan yang baik dan benar diharapkan bisa memberikan hasil yang optimal. Persiapan yang pertama kali dilakukan yaitu memastikan kebersihan kandang dan peralatan. Hal ini menjadi penting karena anak ayam yang akan masuk pada masa brooding adalah anak ayam umur satu hari yang masih memiliki sistem imun yang lemah sehingga rentan terkena penyakit. Kondisi kandang dan peralatan yang bersih dan steril diharapkan bisa meminimalkan terjadinya penyebaran penyakit pada ayam. Siapkan kelengkapan peralatan yang menunjang saat brooding seperti alas litter. Alas untuk anak ayam bisa menggunakan sekam, serbuk gergaji, ataupun slat yang bertujuan agar kaki anak ayam tidak terluka di atas litter. 

Alas sebaiknya diberi koran yang bertujuan memberikan rasa nyaman, mempercepat alas menjadi hangat, dan bisa untuk penaburan pakan sehingga anak ayam makan secara merata. Pemasangan chick guard sebagai pembatas DOC pada saat brooding biasanya berbentuk persegi ataupun bulat. Sebagai pertimbangan, untuk kandang open house seperti yang dimiliki PTU, agar hangatnya merata maka gunakan chick guard berbahan seng dengan bentuk bulat selama 1-2 hari. Kemudian lakukan pelebaran sesuai dengan ketentuannya.

Kegiatan praktikum ini merupakan implementasi dari teori persiapan kandang yang telah dipelajari mahasiswa pada saat mengikuti perkulihan dikelas. “Praktikum persiapan kandang untuk pemeliharaan ayam broiler ini merupakan pengalaman pertama bagi saya, pada saat dikelas mengikuti teori persiapan kandang saya masih belum terlalu mengerti dan memahami bagaimana langka kerjanya, namun setelah melaksanakan praktikum persiapan kandang dari awal hingga selesai teori yang didapat dikelas menjadi semakin jelas dan mempermudah melaksanakan langka kerja praktikum yang sedang dilaksanakan” ujar Meliando salah satu mahasiswa PTU yang ikut dalam kegiatan ini.

Penulis : Arif Rahman Azis

Leave Comment

Your email address will not be published.