PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANG DI POLIFISHFARM POLINELA

Akrel (23/05/2022), Praktik Kerja Lapang (PKL) merupakan suatu proses belajar berdasarkan pengalaman bekerja di luar system proses belajar mengajar tatap muka. Tujuan dari pelaksanaan PKL adalah untuk memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa mengenai kegiatan di instansi/perusahaan. Pada pelaksanaan PKL tahun ini salah satu lokasi PKL Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar (Prodi BAT) adalah PolifishFram Politeknik Negeri Lampung yang beralamat  Jl. Soekarno Hatta No.10 Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Mahasiswa AKREL yang melaksanakan PKL di PolifishFram Politeknik Negeri Lampung  berjumlah 5 orang yaitu Rio Naldo, Windi Melvitasari, Resta Aji Panoman, Taufik Wahyu Hidayat dan Ilham Akbar. Masing-masing dari mahasiswa mempelajari komoditas ikan yang berbeda. Rio naldo fokus mempelajari tentang pembesaran ikan lele, Windi Melvitasari fokus mempelajari teknik pemijahan ikan koi, Resta Aji Panoman fokus mempelajari tentang pemijahan ikan patin secara buatan, Taufik Wahyu Hidayat fokus mempelajari tentang pemijahan ikan nila dan Ilham Akbar fokus mempelajari tentang pemijahan ikan lele secara alami.

Selama PKL, mahasiswa banyak melakukan kegiatan seperti pemeliharaan induk, seleksi induk, persiapan sarana dan prasarana pemijahan, teknik pemijahan dan pemeliharaan larva, pendederan serta pengemasan /packing. Tidak hanya berbaur bersama dosen dan karyawan tetapi berbaur juga dengan mahasiswa Politeknik Negeri Lampung program studi teknik pembenihan ikan dari semester 4 sampai semester 6. Banyak jenis ikan yang ada di PolifishFram antara lain ikan nila,ikan mas,ikan lele,ikan koi,ikan patin dan ikan koki.

Setelah selesai melakukan tahapan pemijahan mahasiswa PKL diwajibkan membuat laporan dan mempresentasikannya di depan pembimbing lapang  Epro Barades, S.P., M.Si dan dihadiri mahasiswa Politeknik Negeri Lampung. Setelah selesai presentasi mahasiswa diberi arahan untuk bekal setelah kembali ke kampus AKREL. Satu hari sebelum kembali ke kampus diadakan perpisahan antara mahasiswa PKL dengan pihak PolifishFram politeknik negeri lampung. ”Selama kegiatan PKL berlangsung kami mendapatkan banyak ilmu yang sebelumnya belum pernah kami praktikkan langsung di Kampus AKREL.” pungkas salah satu mahasiswa PKL.

“Selama masa Praktik Kerja Lapang di PolifishFram Politeknik Negeri Lampung, kami sangat senang bisa diterima dengan baik dan sangat hangat oleh dosen, karyawan sampai mahasiswa yang ada di PolifishFram. Orang-orang di sana sangat ramah, kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru yang belum kami peroleh selama belajar di kampus. Pengalaman bagaimana menyelesaikan tugas yang diberikan pembimbing dan bagaimana menyelesaikan tangung jawab dengan apa yang ditugaskan kepada kami dan pengalaman bergaul dengan dosen,karyawan serta mahasiswa khususnya program studi teknik pembenihan ikan”. Ujarnya . “Disini kami juga belajar bagaimana menjadi seorang yang disiplin seperti tepat waktu saat datang dan menjadi seorang yang aktif, kami sangat berterimakasih kepada Pembimbing Lapang karena sudah sangat baik dalam membimbing kami selama PKL dari awal sampai akhir. tambahnya

Penulis : Windi Melvitasari

Leave Comment

Your email address will not be published.