PENYAMBUTAN MAHASISWA PRAKTIK KERJA LAPANG

AKREL (11/05/2022) Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) melaksanakan kegiatan penyambutan mahasiswa praktik kerja lapang (PKL). Kegiatan PKL yang dilakukan telah berlangsung kurang lebih selama 45 hari terhitung dari bulan Februari 2022 sampai dengan April 2022 lalu. Kegiatan penyambutan mahasiswa PKL dihadiri oleh dosen pembibing PKL dan tugas akhir serta peserta PKL yang berasal dari ketiga Program Studi di AKREL yaitu Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (Prodi BTH), Program Studi Teknologi Ternak Unggas (Prodi PTU), dan Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar (Prodi BAT). Adapun jumlah mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan PKL tahun 2022 ini berjumlah 37 orang.

Pada kesempatan tersebut, Direktur AKREL yaitu Ir. Abdul Azis, M.P. menyampaikan sangat berharap bahwa kegiatan PKL yang telah dilakukan oleh mahasiswa selama 45 hari tersebut mampu menambah wawasan mahasiswa secara langsung di lapangan.  Selain itu, Wakil Direktur AKREL juga menyampaikan hasil evaluasi dari pelaksanaan kegiatan PKL tahun 2022 ini. “Pada tahun 2022 ini, kegiatan PKL berjalan lancar pada 9 lokasi yang telah ditentukan. Terdapat beberapa hal yang menjadi catatan penting selama kegiatan berlangsung yang merupakan bentuk evaluasi yang telah dilakukan yaitu mulai dari permintaan waktu PKL yang lebih lama dari beberapa mitra, pemilihan lokasi PKL untuk ke depan yang lebih memadai, dan perbaikan dari beberapa materi dalam pelaksanaan kegiatan PKL” pungkasnya. 

Evaluasi secara langsung juga dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing PKL pada kegiatan tersebut. Secara keseluruhan dari 9 tempat yang menjadi sebagai lokasi penempatan mahasiswa PKL kembali direkomendasikan untuk kegiatan selanjutnya. Hal ini dikarenakan mahasiswa merasakan cukup banyak mendapatkan tambahan ilmu yang berbeda selama melakukan kegiatan PKL di lokasi tersebut yaitu mulai dari CV. Agrindo Makmur, Kebun Tani Millenial, PT SUJA, BPTP, Polifish Farm Polinela, BPBAT Jambi, BBI Gandus, Mitra 3 Bersaudara, dan Yes Farm. 

“Selama melakukan kegiatan PKL kurang lebih 45 hari, ada banyak hal yang kami pelajari, terutama yaitu pelajaran untuk lebih disiplin dalam melakukan kegiatan disana. Hal itu tentunya menjadi harapan kami agar angkatan selanjutnya tetap dapat kembali melakukan kegiatan PKL disana” tutur Windri salah satu mahasiswa PKL dari Program Studi Budidaya BAT yang telah melaksanakan kegiatan PKL di Polifish Farm Polinela. Komentar yang sama juga dituturkan oleh dosen pembimbing yang membimbing di lokasi tersebut. Sehingga harapan sebagian besar mahasiswa angkatan selanjutnya tetap dapat kembali melakukan kegiatan PKL disana. Selain itu, dalam serangkaian kegiatan PKL yang telah dilakukan pada 9 lokasi tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dari mitra. Sehingga para mitra sangat menyambut baik untuk kedatangan mahasiswa AKREL selanjutnya dalam kegiatan apapun kedepannya.  

Penulis : Kiky Nurfitri Sari

Leave Comment

Your email address will not be published.