USAI LEBARAN IDUL FITRI, AKREL LAKSANAKAN UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

C:\Users\Asus\Downloads\WhatsApp Image 2022-05-09 at 10.12.31.jpeg

AKREL (09/05/2022). Berdasarkan kalender akademik Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) Tahun Ajaran 2021/2022, tanggal 9 Mei 2022 sampai dengan tanggal 13 Mei 2022 merupakan jadwal dilaksakannya Ujian Tengan Semester (UTS) untuk tahun 2022 ini.

UTS dilaksanakan pada pertemuan kedelapan dari enam belas kali pertemuan, dan uniknya pada UTS kali ini dilaksanakan setelah libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, dan mahasiswa memang dituntut untuk lebih keras mempersiapkan segala sesuatu halnya terkait dalam menghadapi ujian yang masih di suasana lebaran. Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (Prodi TPTU) dan Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura (Prodi BTH) yang melaksanakan UTS pada tanggal 9 Mei 2022, sedangkan untuk Prodi Budidaya Perikanan Air Tawar dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022.

 “Ya, untuk kita di Prodi TPTU hari ini sudah melaksanakan UTS, dimana untuk ujian jam pertama nanti ada mata kuliah Etika Profesi oleh Ibu Risa dan untuk jam kedua (09.50) adalah mata kuliah Produksi Aneka Ternak Unggas oleh saya sendiri” demikian yang disampaikan oleh Nining Suningsih selaku koordinator Prodi TPTU.

“ujiannya dilaksanakan bertepatan dengan awal masuk kuliah setelah libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H, dimana ini juga bertepatan dengan pertemuan ke delapan, pada umumnya untuk pertemuan ke delapan itu berdasarkan silabus yang ada merupakan pertemuan untuk ujian tengah semester ini” tambah Nining.

Senada dengan yang disampaikan Nining, Kiky pun mengungapkan jika prodi BTH juga melaksanakan UTS mulai tanggal 9 Mei 2022. “Kami di Prodi BTH untuk pelaksanaan UTS sesuai dengan jadwal kalender akademik AKREL, dimana dimulai dengan hari ini Tanggal 9 Mei 2022 sampai dengan nanti hari Jum’at tanggal 13 Mei 2022” jelas Kiky Nurfitri Sari, SP.,MP selaku Koordinator Prodi BTH. “Sama, kami di Prodi BTH pelaksanaan UTS berdasarkan silabus dilaksanakan di pertemuan ke delapan, sedangkan untuk praktikum tidak ada perbedaan tetap dilaksanakan seperti biasa walaupun pada saat pelasanaan Ujian Tengah Semester” tambah Kiki.

Berbeda dengan program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar (Prodi BPAT) pelaksanaan UTS dilaksanakan pada tanggal 17 Mei sampai dengan tanggal 20 Mei 2022. Terkait dengan dimundurnya jadwal UTS untuk Prodi BPAT, Sadisman Hadi, S.Pi menyampaikan bahwa dikarenakan banyaknya hari libur nasional maka Prodi BPAT memutuskan untuk memundurkan jadwal UTS, sehingga dengan dimundurnya jadwal ini diharapkan agar dapat memenuhi target pencapaian mata kuliah dan kegiatan praktikum di prodi BPAT.

“Benar, kami di Prodi BPAT memutuskan untuk memundurkan jadwal UTS yang seharusnya berdasarkan kalender akademik tanggal 9 Mei 2022 menjadi tanggal 17 mei sampai dengan tanggal 20 Mei 2022, ini dikarenakan terdapat banyaknya Hari Libur Nasional jadi kita memutuskan untuk memundurkan saja untuk UTS, dengan demikian kita berharap dapat memenuhi target pencapaiaan mata kuliah dan praktikum di prodi kita” jelas Hadi yang merupakan Koordinatar Prodi BPAT.

Kemudian, Hadi juga menyampaikan terkait dengan persiapan untuk pelaksanan UTS di Prodi BPAT, semuanya sudah siap dan nantinya Dosen/Instruktur yang akan melaksanakan UTS tinggal mengambilnya saja di Prodi dan juga kepada mahasiswa Prodi BPAT bahwa dalam pelaksanaan UTS ini pihaknya berharap agar mahasiswa dapat menyelesaikan UTS dengan baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Kami sampaikan bahwasanya untuk berkas pelaksanaan UTS, di Prodi BPAT sudah disiapkan semuanya, jadi Dosen/Instruktur tinggal mengambilnya saja lagi di Prodi sebelum pelaksanaan UTS, dan juga menyampaikan kepada mahasiswa Prodi BPAT agar bisa menyelesaikan semua Mata Kuliah yang di UTS kan dan mendapatkan hasil ujian yang memuaskan” pungkas Hadi.

Dalam kesempatan lain, Muhammad Hakim yang merupakan salah satu Dosen di Prodi TPTU menyampaikan terkait dengan kegiatan UTS di Prodi TPTU, UTS adalah bagian dari serangkaian kegitan perkuliahan yang merupakan isi dari silabus yang ada dan juga untuk melihat atau mengukur pemahaman mahasiswa dalam menerima materi yang sudah disampaikan diperkuliahan.

“Ujian tengah semester ini merupakan bagian dari proses perkuliahan dan juga merupakan proses untuk melihat atau mengukur pemahaman mahasiswa dalam menerima materi yang disampaikan pada saat perkuliahan” jelas Hakim.

Penulis : Tri Putra Syawali

Leave Comment

Your email address will not be published.