MONITORING KEGIATAN PKL MAHASISWA DI PT. SUJA KAB. MUSI RAWAS

AKREL (07/04/2022), Kampus AKREL melaksanakan monitoring PKL ke PT. Super Unggas Jaya (PT. SUJA) di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Kunjungan ini  dilaksanakan oleh Wakil Direktur AKREL Risa Wentasari didampingi oleh satu Panitia Praktik Kerja Lapang (PKL). Kegiatan ini dalam rangka kegiatan monitoring pelaksanaan PKL Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (PTU) Tahun Akademik 2021/2022. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui kondisi lokasi PKL, permasalahan  yang dihadapi mahasiswa dan pembimbing lapang serta solusi dalam memecahkan masalah yang dihadapi dari mahasiswa, maupun pembimbing lapang.

Selain melaksanakan peninjauan terhadap kegiatan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa  juga sebagai ajang silatuhrahmi antara AKREL khususnya Prodi PTU dengan PT. Super Unggas Jaya di Kabupaten Musi Rawas agar dapat terus menjalin kerjasama dalam program PKL.

Mahasiswa PTU AKREL yang melaksanakan PKL di lokasi ini berjumlah empat orang, yang mana setiap mahasiswa pada lokasi yang berbeda. Mahasiswa yang melaksanakan PKL menempati 3 lokasi di Kabupaten Musi Rawas terdiri dari kandang di Kecamatan Tugu Mulyo, Purwodadi, dan Jaya Loka serta 1 lokasi berada di Kecamatan Padang Ulang Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong sebagai tempat tinggal selama PKL. Dalam penyambutannya, pembimbing lapang menyambut baik kedatangan tim monitoring, beliau menyampaikan sejauh ini mahasiswa cukup baik dalam menjalankan PKL, Untuk materi PKL diusahakan semaksimal mungkin untuk mahasiswa dapat mengikuti agar materi – materi PKL tercapai. Pembimbing lapang menyampaikan kendala yang dihadapi pada awal PKL, yaitu ada salah satu mahasiswa pada awal kegiatan PKL tidak fokus dengan kegiatan PKL sehingga mahasiswa tersebut di pindahkan lokasi PKL. Wakil Direktur mengingatkan kepada mahasiswa yang bersangkutan “Dalam kegiatan PKL ini lakukanlah dengan serius, karena kegiatan PKL ini menggambarkan dunia kerja yang akan dihadapi kalian ketika telah selesai menempuh pendidikan, gunakanlah waktu PKL dengan sebaik-baiknya dalam menggali ilmu disini, karena tanpa ada kegiatan PKL ini tidak sembarang orang dapat masuk ke area peternakan ini” ujar Risa. Pembimbing lapang juga menyampaikan bahwa Alumni AKREL yang dahulunya melakukan PKL di PT. Super Unggas Jaya telah direkrut dan sedang menjalani masa training. Pada saat PKL Pembimbing Lapang juga menilai kinerja mereka dan disaat terdapat Open rekrutment mereka akan memberikan rekomendsi kepada mahasiswa yang memiliki kinerja baik untuk dapat diterima sebagai karyawan.

PKL termasuk mata kuliah wajib yang harus diambil dan ikuti oleh mahasiswa dengan durasi selama 45 hari, setelah selesai pelaksanaan PKL mahasiswa akan melaksanakan ujian PKL terkait kegiatan apa saja yang dilaksanakan selama pelaksanaan PKL berlangsung, karena sebagai syarat untuk melanjutkan ketahap penulisan Tugas Akhir (TA). Setelah melewati mata kuliah PKL ini diharapkan semua mahasiswa mampu menyeimbangkan antara teori yang sudah di peroleh dibangku perkuliahan dengan menerapkan dilapangan pekerjaan.

Disamping itu juga Wakil Direktur menyampaikan bahwa tanggal 26 April 2022 mahasiswa sudah selesai melaksanakan PKL dan akan ditarik ke kampus serta menanyakan kesediaan PT. Super Unggas Jaya untuk menjadi tempat lokasi PKL di tahun depan. “Terimakasih kepada PT. Super Unggas Jaya yang telah bersedia menerima mahasiswa kami untuk melaksanakan PKL serta untuk tempat menambah wawasan tentunya, kami titip mahasiswa kami dan mohon bimbingan untuk mahasiswa kami.” Ujar Wakil Direktur. Sebelum berpamitan tim monitoring menyerahkan cinderamata dan sertifikat kepada pembimbing lapang.

Penulis : Dedy Irawan 

Leave Comment

Your email address will not be published.