TUGASKAN TENAGA PENDIDIK, AKREL MENDAPATKAN KESEMPATAN MENGIKUTI PELATIHAN SERTIFIKASI PROFESI DAN MAGANG

AKREL (26/10/2021), beberapa Tenaga Pendidik dari Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong mendapatkan kesempatan untuk mengikuti “Program Sertifikasi Profesi dan Magang” dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang langsung didanai oleh LPDP Tahun Anggaran 2021. Kesempatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi peningkatan mutu dari sumber daya manusia (SDM) di AKREL khususnya untuk tenaga PENDIdik yang terdiri dari dosen maupun instruktur. 

Dalam kesempatan tersebut, AKREL berhasil mendapatkan fasilitas pendanaan pelaksanaan kegiatan untuk 6 orang yang mengikuti program sertifikasi profesi dan 2 orang yang mengikuti program magang. Pada awal bulan Oktober lalu, AKREL telah menugaskan 2 orang peserta magang untuk mengikuti kegiatan tersebut kurang lebih selama 2 bulan di Politenik Negeri Lampung. Diakhir bulan Oktober lalu terhitung mulai dari tanggal 19 – 25 Oktober AKREL telah menugaskan kembali 6 orang tenaga pendidik untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Sertifikasi Profesi di LSP Ambissi Agribisnis yang berada di Kota Bogor, Jawa Barat. 

Selama kegiatan berlangsung, para peserta yang mengikuti program pelatihan sertifikasi profesi dan magang mendapatkan pendidikan yang diselenggarakan oleh Lembaga penyelenggara. AKREL menungaskan 6 orang Tenaga Pendidik mengikuti program pelatihan sertifikasi profesi sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuni. Adapun bidang ilmu yang diikuti selama kegiatan sertifikasi profesi yang diadakan oleh LSP Ambissi Agribisnis di Kota Bogor yaitu mulai dari Manajemen Keuangan Usaha, Pengawasan Mutu Pakan, dan Pengawas Benih Tanaman. Para peserta didampingi langsung oleh para pendamping yang telah tersertifikasi dan diuji oleh asessor sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Pada kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 5 hari tersebut, para peserta mendapatkan pendampingan selama 3 hari di Lembaga penyelenggara. Selanjutnya para peserta harus menjalani ujian secara tertulis dan praktek langsung guna mendapatkan sertifikat sebagai bukti kompetensi yang ditekuni. Hadirnya program pelatihan yang dapat meningkatkan mutu SDM seperti ini sangat diharapkan oleh seluruh Tenaga Pendidik dalam menambah wawasan. Kegiatan tersebut juga sangat memberikan dampak positif terhadap institusi guna untuk mendukung berjalannya Tridharma Perguruan Tinggi. “Kami berharap kegiatan seperti ini akan tetap berlangsung pada tahun berikutnya, sehingga memberikan kesempatan bagi para tenaga onedidik untuk meningkatkan kompetensi mereka sesuai dengan bidangnya. Tentunya selain sangat baik, tentu kegiatan seperti ini akan memudahkan para tenaga pendidik untuk mendapatkan fasilitas yang diprogramkan pusat”, tutur Indriati salah satu peserta yang merupakan bagian dari Tenaga Pendidik di AKREL. 

Penulis: Kiky Nurfitri Sari

Leave Comment

Your email address will not be published.