DUA KELOMPOK MAHASISWA AKREL MASUK FINAL LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL HIMAKUA PAPER COMPETITION

AKREL (14/10/2021). Mahasiswa AKREL mengikuti kegiatan presentasi karya ilmiah yang merupakan rangkaian terakhir dari Lomba Karya Ilmiah Nasional HIMAKUA Paper Competition. Mahasiswa tersebut mewakili Program Studi Budidaya Perikanan Air Tawar yang terdiri dari dua kelompok yaitu Kelompok pertama terdiri dari Serli Trinur Aisah, Rio Naldo dan Taufik Wahyu Hidayat dibawah bimbingan Neti Sumarni, S.Pi dengan judul karya Ilmiah “Pembenihan Ikan Komet dengan Box Tomat Bekas sebagai Wadah Budidaya dan Peningkatan Kualitas Warna dengan Ekstrak Wortel di Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong”, sedangkan Kelompok kedua terdiri dari Vini Yuliani, Maulidiyatul K. dan Windi Melvitasari dibawah bimbingan Asih Sriyanti, S.ST dengan judul karya ilmiah “Pengolahan Ikan Lele (Clarias sp.) menjadi SATOLE dan KEPILE sebagai Produk Bernilai Jual Tinggi di Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong”.

Kegiatan presentasi LKTI nasional Himakua Paper Competetion diadakan oleh HIMAKUA Universitas Sriwijaya yang diikuti oleh 15 finalis terbaik yang berasal dari Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia diantaranya Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Riau, AKREL, Universitas Sriwijaya, Universitas Brawijaya, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Teknologi Kimia Industri, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Borneo Tarakan yang sebelumnya ada 25 finalis yang berhasil lolos ditahap abstrak. Acara ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. A. Muslim, M. Agr. Beliau menyatakan selamat kepada semua finalis yang masuk 15 besar (final) setelah berhasil menyisihkan ratusan peserta di tahap abstrak dan tahap full paper.

Meskipun kegiatan presentasi dilaksanakan secara daring namun tidak mengurangi nilai acara tersebut yang mana juri merupakan dosen terbaik dari Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya yaitu Dr. Marini Wijayanti, S.Pi.,M.Si., Mirna Fitrani, S.Pi.,M.Si.,Ph.D, dan Septi Heza Dwinanti, S.Pi.,M.Si. Mahasiswa AKREL mendapatkan urutan tampil pada urutan 2 dan 15 yang diundi pada technikal meeting tanggal 12 Oktober 2021 silam. Mahasiswa AKREL tampil dengan baik dan lancar dan pada kesempatan ini juri menyatakan apresiasi terhadap dukungan kampus terhadap mahasiswa yang menjadi finalis pada lomba karya tulis ilmiah nasional HIMAKUA paper competition.

Meskipun mahasiswa AKREL hanya memperoleh nominasi sebagai finalis favorit pada lomba tersebut namun tidak megurangi rasa bangga instansi terhadap mahasiswa yang menjadi finalis ajang bergengsi ini karena walaupun hanya jenjang D2 namun dapat berkompetensi dengan kampus D3/S1. 

“Menjadi mahasiswa yang aktif dan kreatif dan melalui lomba seperti ini kami dapat memperoleh ilmu pengetahuan dari karya tulis yang disampaikan oleh kampus lain dan menjadi latihan dalam kepenulisan Tugas Akhir nantinya” pungkas Serli Trinur Aisah selaku ketua kelompok 1. “Semoga untuk peserta yang selanjutnya mengikuti lomba LKTI ini bisa lebih kreatif lagi, bisa lebih maksimal lagi dari sebelumnya dan tetap semanga dan terimkasih juga untuk pembimbing, teman-teman, serta pendukung dari kegiatan lkti nasional ini” tambahnya.

Vini Yuliani selaku Ketua kelompok dua menuturkan  “mengikuti Lomba LKTI Nasional dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah teman dari berbagai daerah dan kampus seindonesia. Ucapan terimakasih tidak lupa disampaikan kepada pembimbing dan pihak AKREL yang telah mendukung mahasiswa mengikuti kegiatan lomba ini”. Vini menambahkan, “Pesan saya kepada adik tingkat atau peserta lomba LKTI Nasional selanjutnya yang akan mengikuti lomba ini tahun depan ataupun ada lomba lagi di tahun ini, jangan pesimis, tumbuhkan rasa semangat yg tinggi, positif thingking itu perlu dan yang paling penting harus percaya diri bahwa kamu bisa dan jangan lupa berdoa”. 

Penulis : Neti Sumarni

Leave Comment

Your email address will not be published.