MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA MUDA, DIREKTUR AKREL RESMIKAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PTU

AKREL (28/09/2021), Program Studi Teknologi Produksi Ternak Unggas (Prodi PTU) meluncurkan program kewirausahaan mahasiswa tahun 2021 dengan tema “Optimalisasi Budidaya Itik Petelur di Farm PTU AKREL untuk membangun jiwa wirausaha mahasiswa”. Program ini merupakan salah satu bentuk dukungan AKREL terhadap kegiatan kewirausahaan bagi mahasiswa di Prodi PTU. Kegiatan peresmian program kewirausahaan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi PTU semester 3 dan dihadiri oleh Abdul Azis selaku Direktur dan Risa Wentasari selaku Wakil Direktur AKREL beserta rombongan tamu undangan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Disambutannya Direktur AKREL, Abdul Azis mengatakan “program ini merupakan suatu pembelajaran bagi mahasiswa melakukan sesuatu kegiatan yang produktif walaupun anggaran dan nilainya tidak terlalu besar dan berharap program ini menumbuhkembangkan jiwa wirausaha yang kreatif dan inovatif”. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa program kewirausahaan ini proporsi tanggung jawab pelaksananya dibebankan kepada mahasiswa agar menjadi pembelajaran dan sekaligus pelatihan yang bertujuan untuk bekal ketika lulus serta bisa mengembangkan diri sendiri dengan berwirausaha sendiri. Mahasiswa yang lulus memiliki 3 pilihan, yaitu berwirausaha, bekerja di tempat orang lain, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Sasaran dari program ini adalah mahasiswa Prodi PTU yang masih aktif pada semester tiga. Jumlah mahasiswa yang difasilitasi adalah 8 orang mahasiswa. Masing-masing kelompok diharapkan sudah memiliki bekal pengetahuan yang didapatkan selama di Prodi PTU sebelum selesai masa studinya. Kelanjutan program kewirausahaan ini terintegrasi pada mata kuliah Proyek Usaha Mandiri (PUM) yang merupakan salah satu mata kuliah unggulan di Prodi PTU. Mata kuliah PUM dilakukan dalam bentuk praktik dengan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah menjadi sebuah kegiatan kemandirian dengan menerapkan suatu konsep manajemen atau pengelolaan rencana pekerjaan yang dilakukan dengan skill atau kemampuan yang dimiliki dan mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah unggulan yang ada di prodi PTU.

Pada kesempatan itu, Koordinator Prodi PTU, Nining Suningsih mengatakan “adapun struktur organisasi pada program kewirausahaan ini adalah Hafizul Alim selaku Ketua dan Helpa Andriani selaku Bendahara pada program kewirausahaan serta 6 orang mahasiswa lainnya menjadi anggota. Program kewirausahaan ini bertujuan sebagai proses pembelajaran untuk berwirausaha mahasiswa sejak dini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mahasiswa semakin terampil dalam proses budidaya ternak unggas khususnya ternak itik petelur”.

Diakhir kegiatan secara simbolis Direktur AKREL, Abdul Aziz meresmikan program kewirausahaan Prodi PTU AKREL. Acara peresmian ini dilakukan secara simbolis yaitu pemberian pakan kepada ternak itik petelur oleh direktur yang didampingi oleh wakil direktur, koordinator prodi, kepala laboratorium komputer dan rombongan lainnya.

Penulis : Yulian Sharah

Leave Comment

Your email address will not be published.