BIRO PERENCANAAN KEMDIKBUDRISTEK GELAR PELATIHAN TEKNIS SAKIP

AKREL (24/05/21), Biro Perencanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggandeng Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai dalam menyelenggarakan Pelatihan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Angkatan VI-X. Pelatihan teknis SAKIP diikuti oleh 17 Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa Universitas, Politeknik dan Akademi Komunitas yang masing-masing instansi diikuti oleh dua orang tim pengelola SAKIP.

Pada pembukaan, Amurwani Dwi selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemdikbudmenyatakan bahwa pelatihan teknisSAKIP dilakukan secara daring pada tahun 2021. Tujuan pelatihan teknis SAKIP ini adalah diharapkan peserta diklat SAKIP nantinya mampu menerapkan SAKIP dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi pada satuan kerja di lingkungan kemdikbudristek. Pelatihan teknis SAKIP dilaksanakan sebanyak 77 JP yang dimulai pada 24 Mei sampai dengan 3 Juni 2021 secara daring melalui platfrom pijar yang diselenggarakan oleh pusdiklat pegawai kemdikbudristek.

Pada pembukaan pelatihan SAKIP secara daring ini, Kepala Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek Amurwani Dwi menuturkan “Peserta diharapkan mampu menerapkan SAKIP dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi pada satuan kerja di lingkungan Kemristekdikbud”. Pelatihan teknis SAKIP dilaksanakan sebanyak 77 JP yang dimulai pada 24 Mei sampai dengan 3 Juni 2021 secara daring melalui platfrom pijar yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek.

Pelatihan teknis SAKIP resmi dibuka oleh Sekjen Kemdikbudristek Ainun Nai’m. Pada kesempatan ini beliau berharap “dengan adanya pelatihan teknis SAKIP mudah-mudahan memang betul dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi kita sebagai ASN dan merupakan sebagian dari upaya kita untuk membangun ASN yang profesional yang dapat melayani masyarakat kita mendukung kemajuan bangsa dan negara”. Pelatihan SAKIP yang dilakukan secara daring, menggunakan fasilitas aplikasi e-learning pijar yang telah dikembangkan oleh Pusdiklat Pegawai untuk mendukung pelatihan yang diselanggarakan melalui moda campuran (blended learning) atau pembelajaran daring (online learning)

Adapun random pelatihan teknis SAKIP adalah semua peserta diwajibkan menonton video pengantar setiap mata pelatihan dan membaca materi pelatihan. Kemudian peserta mengikuti mata pelatihan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Fasilitator melakukan pemaparan materi pelatihan dan membagi peserta menjadi tiga kelompok yang masing-masing beranggotakan 9-10 orang peserta. Pada kegiatan ini, peserta mengerjakan tugas kelompok dengan cara berdiksusi serta membuat rangkuman hasil tugas kelompok untuk dipresentasikan. Fasilitator dan kelompok yang lain akan menyimak dan membahas hasil presentasi tersebut. Di akhir kegiatan, peserta mengerjakan tugas individu sesuai dengan mata pelatihan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan.

Mata pelatihan teknis SAKIP yang didapat terdiri dari materi umum, materi pokok, dan materi penjunjang. Senin (24/05), merupakan hari pertama pelatihan teknis SAKIP yang disampaikan oleh fasilitator Amurwani Dwi selaku Ka.Pusdiklat Pegawai Kemdikbudristek dengan mata pelatihan tentang pengembangan ASN unggul, fasilitator kedua yaitu M. Samsuri menyampaikan mata pelatihan tentang overview dan konsep dasar SAKIP, dan fasilitator ketiga Nur Amrizal menyampaikan mata pelatihan tentang Pemanfaatan Learning Management System (LMS). Selasa (25/05), peserta wajib mengerjakan pretest yang ada di aplikasi pijar. Mata pelatihan hari kedua membahas tentang perencanaan kinerja oleh fasilitator Cyti Daniella Aruan. Kamis (27/05), mata pelatihan hari ketiga membahas tentang pengukuran capaian kinerja oleh fasilitator Kokom Komala. Jumat (28/05), mata pelatihan hari keempat membahas tentang laporan kinerja dan review kinerja oleh fasilitator Ferlina Guci. Senin (31/05), mata pelatihan hari kelima membahas tentang evaluasi SAKIP oleh fasilitator Nurma Mangunsong. Rabu (02/06), mata pelatihan hari keenam membahas tentang penguatan aplikasi SPASIKITA oleh fasilitator Adytia Fahreza. Pada hari yang sama, semua peserta pelatihan teknis SAKIP wajib mengerjakan postest secara serentak pada waktu yang telah ditentukan oleh Tim Pokja Pusdiklat.

Penutupan pelatihan teknis SAKIP dilaksanakan pada kamis (03/06) secara daring yang dihadiri seluruh peserta pelatihan teknis SAKIP. Adapun harapan peserta dari pelatihan teknis SAKIP adalah ASN bisa menyadari adanya perubahan paradigma, karena mereka harus semangat dalam menyajikan adanya penetapan dan pengukuran SAKIP berupa pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja dalam rangka sebuah pertanggungjawaban menuju peningkatan kinerja.

Penulis : Yulian Sharah, S.Pt.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *