BRAND MATCHING PENJAMIN MUTU AKREL KE POLINELA

AKREL, Jumat (26/03/2021) Tim Pusat Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (P3M – PM) Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (AKREL) melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Lampung (Polinela) yang dipimpin oleh Ir. Abdul Azis, M.P., selaku Direktur dan Risa Wentasari, S.P., M.Si., selaku Wakil Direktur dan didampingi oleh Nur’aini, S.Pt., M.Pt., selaku kepala P3M – PM dan Mutmainnah, S.P., selaku kepala bidang penjaminan mutu beserta rombongan. Kunjungan ini dilakukan terkait program kerja yang sedang dan akan dilakukan P3M – PM AKREL selama 4 tahun ke depan.

Kegiatan tersebut disambut oleh Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si., selaku Pembantu Direktur I Polinela di Gedung A. Beliau menyampaikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Polinela akan menerapkan monitoring output hasil, kesesuaian standar dan ketercapaian target yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN–PT) dan merujuk pada BAN–PT, tidak seperti penerapan sebelumnya yang hanya melakukan monev internal dan monitoring proses, sehingga pada saat akreditasi prodi dan institusi hanya melakukan kompilasi karena database sudah terbentuk. Selain itu, SPMI merupakan badan atau unit dalam rangka penjaminan mutu namun yang melakukan audit adalah auditor internal dari dosen yang telah dilatih. Beliau berharap agar kedepannya antara Polinela dan AKREL dapat saling sharing terkait kebijakan Yang terus berubah, saling koordinasi terkait pengembangan Akademi Komunitas dan tetap menjalin silahturahmi.

Kunjungan dilakukan di Unit Penjaminan Mutu Polinela. Di ruangan Unit Penjaminan Mutu disambut oleh Dr. Ir. Nurbani Kalsum, M.Si. selaku Kepala Unit dan Tim SPMI. Ibu Nurbani menyampaikan untuk Standar Operasional Prosedur (SOP) dan dokumen mutu bisa diimprovisasi dan tidak ada patokan baku dengan mencantumkan kode unit yang bertanggungjawab dalam tiap SOP. Polinela telah menerapkan ISO sehingga SOP dan dokumen mutu berlandaskan dari ISO tersebut. Selain itu, SPMI Polinela membuat proses bisnis dari mulai penerimaan mahasiswa baru sampai wisuda dimana ada proses didalamnya dengan didukung dari tiap unit yang ada di institusi. SPMI juga membentuk gugus kendali mutu untuk menjamin mutu di tiap unit di institusi. Beliau menambahkan pentingnya early learning system untuk melihat perkembangan teknologi dan informasi sehingga tidak ketinggalan.

Kunjungan ini sangat dibutuhkan untuk pembelajaran secara langsung karena banyak pelajaran dan pengalaman yang diperoleh. Kedepannya berharap agar kegiatan seperti ini intens dilakukan tidak hanya ke Polinela namun juga ke institusi lainnya mengingat AKREL merupakan Perguruan Tinggi Negeri baru yang masih banyak membutuhkan pembelajaran dan pelatihan.

Penulis : Mutmainnah, S.P

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *